Jet Tempur Saudi Ditembak Rudal di Yaman, Timteng Memanas Lagi..! - Go Asianews

Breaking


Sunday, February 16, 2020

Jet Tempur Saudi Ditembak Rudal di Yaman, Timteng Memanas Lagi..!


Goasianews.com
Jakarta - Situasi Timur Tengah sepertinya belum juga dingin. Masih riuh soal konflik di Suriah serta Israel-Palestina, kini sebuah jet tempur milik Arab Saudi ditembak jatuh di wilayah Yaman.

Koalisi pimpinan Saudi yang mendukung pemerintahan resmi Yaman mengatakan pesawat yang bernama Tornado jatuh Jumat (14/2/2020). Namun jumlah korban belum diketahui.

Sementara itu, pemberontak Houthi mengaku bertanggung jawab atas kejadian ini Sabtu (15/2/2020). AS mengklaim Houthi didukung pendanaannya oleh pemerintah Iran.

Sebagaimana dilansir dari AFP, televisi milik Houthi Al-Masirah mengatakan pesawat tersebut ditembak oleh rudal canggih milik milisi tersebut. Media itu melaporkan belasan orang tewas karena serangan itu.

Konflik dan bentrokan bersenjata antara kelompok Houthi dan tentara koalisi pimpinan Saudi terjadi sejak 2015. Ribuan warga sipil tewas dan mengungsi karena konflik ini.

PBB bahkan sempat menyebutnya sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Bahkan Arab Saudi dan pemerintah Yaman sempat jadi sasaran kritik karena tak bisa meminimalisir korban.

Alhasil pemerintah Barat memotong pengiriman senjata. Arab Saudi termasuk Yaman membeli senjata dari AS, Prancis dan Inggris.

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->