Lewati Jalan yang Viral di Lampung, Mobil Kepresidenan Melaju Pelan - Go Asianews

Breaking


Friday, May 5, 2023

Lewati Jalan yang Viral di Lampung, Mobil Kepresidenan Melaju Pelan



GoAsianews.com
JAKARTA,
- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Provinsi Lampung pada Jumat (5/5/2023). Kedatangan Jokowi ke Lampung salah satunya untuk mengecek secara langsung kondisi fisik jalan yang rusak di daerah tersebut.


Fotografer resmi Presiden, Agus Suparto, mengabadikan momen saat Kepala Negara melintas langsung di ruas jalan yang rusak melalui rekaman video.


Dilansir dari rekaman video yang dibagikan kepada wartawan Istana Kepresidenan, Presiden Jokowi melintasi jalan rusak dengan menggunakan mobil Kepresidenan berpelat merah bertuliskan "Indonesia".


Berdasarkan informasi dari Agus Suparto, jalanan yang dilintasi Jokowi itu adalah Jl Terusan Ryacudu, Marga Agung, Kec. Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.


Di belakang mobil Presiden, tampak Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang mengawal mobilnya dengan menggunakan motor trail.



Selain itu, tampak pula iring-iringan rangkaian kendaraan kepresidenan yang berada di belakang mobil Presiden dan beberapa motor Paspampres.


Tampak jalan beraspal yang dilewati Presiden mengalami kerusakan parah.


Tak hanya lubang dalam ukuran besar yang digenangi air, jalan tersebut sebagian besar telah mengalami pengelupasan aspal.


Oleh karenanya, kondisi jalan lebih banyak berupa tanah dan pasir. Bahkan, di beberapa titik masih tampak aspal jalan, tetapi tidak merata di antara sisi kiri dan kanan jalan.


Ada pula bagian jalan yang masih beraspal di sisi kanan, tetapi di sisi kiri berupa tanah berpasir.


Kondisi tersebut membuat mobil yang membawa Presiden Jokowi tampak berjalan dengan sedikit pelan dan hati-hati ketika melintasi ruas jalan tersebut.



Beberapa kali mobil yang membawa Presiden Jokowi tampak berjalan menghindari lubang besar ataupun sedang.


Rangkaian motor Paspampres dan iringan kendaraan kepresidenan yang biasanya melaju dengan kencang dan efisien kali ini tampak berjalan pelan sambil mengikuti kondisi permukaan jalan.


Saat Presiden Jokowi dan rombongan melintasi jalan, masyarakat memanggil-manggil namanya.


Dari dalam mobil, Presiden Jokowi merespons sambil melemparkan kaus kepada warga yang menyapanya.


"Terima kasih, Pak. Terima kasih, Bapak," kata warga.


Sebelumnya, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin merespons kabar yang menyebutkan Jokowi akan menumpangi sepeda motor dan helikopter dalam kunjungannya di Lampung.


"Hanya menggunakan mobil. Tidak menggunakan helikopter dan tidak juga menggunakan sepeda motor," kata Bey kepada wartawan, Jumat pagi.


Seperti diketahui, salah satu agenda kunjungan kerja Jokowi di Lampung adalah mengecek kondisi jalan yang rusak dan videonya viral di media sosial dalam beberapa waktu lalu.


"Saya mau pastikan, lihat betul, apakah yang ada di video, di media itu benar atau enggak benar," kata Jokowi di Sarinah, Jakarta, Kamis (4/5/2023) kemaren.

Terlihat Menteri PUPR Basuki dan Menteri BUMN Erik Thohir yang ikut dalam rombongan berbincang dengan Gubernur Lampung, Arinal Djunaid.


Setelah melakukan kunjungan dan melihat secara langsung kondisi jalan tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan jalan rusak di Lampung bakal diperbaiki secepat-cepatnya.


Jokowi mengatakan Kementerian PUPR akan mengambil alih perbaikan jalan yang tidak bisa diperbaiki oleh pemerintah daerah.


"Secepat-cepatnya dimulai, yang rusak, yang kira-kira provinsi tidak memiliki itu kemampuan, kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh kementerian PU, utamanya yang jalannya rusak parah," kata Jokowi dalam keterangan pers setelah meninjau Pasar Natar seperti dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (5/5/2023). 

(dian-kompas)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->