D.I Batang Bayang, Objek Wisata Baru yang Berpeluang Besar Tingkatan PAD - Go Asianews

Breaking


Tuesday, June 14, 2022

D.I Batang Bayang, Objek Wisata Baru yang Berpeluang Besar Tingkatan PAD



GoAsianews.com

Kab.Pasbar (SUMBAR) - Pembangunan Daerah Irigasi Batang Bayang di Kabupaten Pasaman Barat oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang Ditjen SDA Kementrian PUPR dapat dikatakan sudah rampung.


Selain menunjang sektor pertanian, perpaduan infrastruktur  D.I Batang Bayang dan sumberdaya alam sekitar menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal, hal ini tentu saja dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, bahkan Pendapat Asli Daerah (PAD), jika dikelola dengan baik dan bijak oleh pemerintah setempat.


Hal tersebut disampaikan oleh Defrianto Tanius, Ketua LSM AWAK Sumbar, (Senin 13/06/2022).


Lebih lanjut Defrianto menyampaikan, "Faktanya, meski belum dilakukan serah-terima antara Kementerian PUPR dengan Pemkab Pasaman Barat, kunjungan wisatawan ke D.I Batang Bayang sudah sangat tinggi.



"Menanggapi hal ini, ditahap awal Pemkab Pasaman Barat diharapkan segera mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi seluruh pengunjung diareal kawasan D.I Batang Bayang ini, dengan cara memasang rambu-rambu diareal tersebut. Dan selanjutnya pihak Pemkab Pasaman Barat mesti merancang sejumlah fasilitas pendukung dan Lansekap, agar pesona areal Wisata DI Batang Bayang benar-benar terpancar, dan memiliki ciri khas tersendiri.


Disini, sektor pariwisata berbasis ketahanan ekonomi yang langsung menyentuh akar rumput (masyarakat bawah) dapat dilakukan, dengan cara melibatkan pelaku UMKM lokal, Pemkab Pasaman Barat dapat mendirikan sarana dan prasarana /kios untuk pedagang kuliner. Bahkan tidak tertutup kemungkinan, pihak Pemkab dapat mendirikan sarana penginapan (Hostel, Resor, atau Cottage) dilokasi ini.


Menurut hemat saya mengembangkan objek wisata ini tidaklah sulit, karena  dapat disandingkan melalui program-program pada BUMD, atau mempersiapkan untuk dikelola secara mandiri oleh masyarakat melalui penyertaan modal pada Perbankan" ulas Defrianto. (dn/dt)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->