Erosi Batang Kurao Nagari Sungai Nyalo Pessel Ancam Pemukiman, Warga Berharap Bantuan Pemerintah - Go Asianews

Breaking


Sunday, June 6, 2021

Erosi Batang Kurao Nagari Sungai Nyalo Pessel Ancam Pemukiman, Warga Berharap Bantuan Pemerintah


GoAsianews.com


Pessel (SUMBAR) - Puluhan rumah warga yang berada di tepian sungai Batang Kurao Nagari Sungai Nyalo Kampuang Mudiak Aia Kurao Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terancam ambruk, lantaran pinggir sungai tergerus erosi yang cukup parah.


Iben (41), warga Nagari Sungai nyalo, Kampung Mudiak Aia Kurao, memaparkan saat ini rumah yang ditempatinya sudah berjarak kurang lebih satu meter dari bibir sungai dan terancam longsor.



"Sebagian besar tebing Sungai sudah terlihat retak dan ambruk, padahal sebelumnya jarak antara rumah dengan sungai lumayan jauh, papar Iben, Sabtu (5/6/2021).


"Kami sekeluarga dan warga lainnya selalu was-was jika hujan, kawatir terjadi longsor karena gerusan air sungai yang deras"


"Kemaren, perangkat sekolah seperti sepatu anak sempat hanyut terbawa banjir" tambahnya.


Pada kesempatan yang sama, berdasarkan pengakuan dari beberapa warga setempat, gerusan ini disebabkan oleh banjir yang sering melanda, bahkan dalam bulan ini sudah dua kali terjadi.


“Tepian sungai terus terkikis oleh banjir. Akibatnya jarak antara rumah dengan bibir sungai kian dekat,” terang Budiman salah seorang tokoh masyarakat setempat.


Budiman berharap Pemeritah setempat maupun Provinsi segera membenahi tepian sungai Batang Kurao Nagari Sungai Nyalo Kampuang Mudiak Aia Kurao Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) ini.


Wali Nagari Sungai nyalo Mudiak Aia Kecamatan koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir selatan, Marjan, saat ditemui membenarkan bencana yang mendera warganya.


"Ya benar, gerusan arus sungai Batang Kurao Nagari Sungai Nyalo Kampuang Mudiak Aia Kurao Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan ini sangat dikawatirkan oleh warga setempat" terang Marjan.


"Hal ini dikarenakan abrasi yang makin melebar pada bibir sungai"


"Kami sangat berharap pihak Pemda Pessel segera lakukan penanganan kedaruratan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan" harap Marjan


Secara terpisah, BPBD Kabupaten Pessel menjelaskan telah mengetahui kondisi tersebut melalui laporan warga.


"Kami sudah mendapat laporan dari masyarakat terkait kondisi di sungai Batang Kurao Nagari Sungai Nyalo Kampuang Mudiak Aia Kurao Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) tersebut" ucap Kasi Kedaruratan BPBD Kab.Pessel, Hasnul pada media (5/06/2021).


"Tadi sudah ada tim kita yang turun kelapangan, Insyaallah dalam waktu sesingkat-singkatnya kita akan lakukan upaya penanganan dini pada titik tersebut untuk mengantisipasi terjadinya bencana"


"Kami dari BPBD akan selalu siap membantu, " ujar Hasnul memastikan.

(deni/tim).

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->