"Penuhi Kebutuhan Air Bersih" Pemko Payakumbuh Berharap Embung Lurah Rawang Selesai Tepat Waktu - Go Asianews

Breaking

Link Lintas Informasi..., Geser Kebawah Untuk Barita Utama...⏬

Sunday, August 25, 2019

"Penuhi Kebutuhan Air Bersih" Pemko Payakumbuh Berharap Embung Lurah Rawang Selesai Tepat Waktu


GoAsianews.com
Payakumbuh (SUMBAR) - Pemenuhan kebutuhan air bersih untuk masyarakat Kota Payakumbuh diperkirakan akan melimpah, sebagai mana diketahui, saluran air PDAM kota Payakumbuh kerumah masyarakat sering macet pada jam-jam tertentu.

Hal itu mengingat hampir rampungnya pembangunan Embung Lurah Rawang yang ada di selatan Kota Payakumbuh sebagai tempat persediaan air baku.

Pemerintah Kota Payakumbuh, melalui Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh, Muslim ST,MSi menyebutkan, "dengan rampungnya pembangunan embung tersebut, otomatis Payakumbuh, akan memiliki tiga sumber air bersih untuk kebutuhan masyarakat yang selama ini belum terlayani sepenuhnya" ungkapnya (24/8/2019). 

Lebih lanjut Muslim memaparkan "melalui tiga sumber air yang ada, maka Payakumbuh diperkirakan kelebihan pasokan air minum".

"Pertama sumber air dari proyek pembangunan SPAM Batang Agam di Tanjung Pauh, Payakumbuh Barat yang kini dalam proses uji coba. Kedua Peroyek pembangunan embung Bulakan di Limbukan, dalam proses penyelesaian. Ketiga pembangunan embung Lurah rawang di Kapalo Koto, Ampangan".

Kita mengharapkan pekerjaan embung Lurah Rawang Kapalo Koto, bakal rampung tepat waktu pada Desember 2019 mendatang, sehingga mampu memenuhi kebutuhan air minum masyarakat kota ini, harap Muslim.

Menurut dia, manfaat kedua embung selain untuk pengairan sawah, juga sebagai persediaan air baku dan objek wisata baru. Sehingga sumber air bersih Payakumbuh, semakin bertambah akan berada pada lima lokasi, termasuk sumber air lama yakni, Batang Tabik Kecamatan Luak dan Sungai Dareh, Kecamatan Situjuh Limo Nagari di Limapuluh Kota.

“Semakin banyaknya sumber air yang semuanya bakal dikelola PDAM, sehingga kapasitas penyediaan air minum bakal mampu mengantisipasi lonjakan pelanggan air minum yang ada di Kota Payakumbuh. Untuk kedepan Payakumbuh, diharapkan mampu berdiri sendiri tidak hanya mengandalkan sumber air dari Kabupaten 50 Kota,” tutur Muslim.

Sementara sumber air dari Batang Agam menurut harapan Wako Riza Palefi direncanakan akan difilter secara teknologi sehingga menjadi air layak minum. 

"Hal ini sudah dalam tahap ujicoba dan menambah pipa instalasi ke berbagai kelurahan. pembangunan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum)itu, yang berasal dari Sungai Batang Agam, bakal disusul dari sumber embung Bulakan dan embung Lurah Rawang, Kapalo Koto, Ampangan" tambah Muslim. (dn/hm)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->