Akmal Malik: 'Tak Benar' Informasi Warga di 6 Desa di Halmahera Utara Belum Mencoblos - Go Asianews

Breaking


Wednesday, July 11, 2018

Akmal Malik: 'Tak Benar' Informasi Warga di 6 Desa di Halmahera Utara Belum Mencoblos



%2527Tak%2BBenar%2527%2BInformasi%2BWarga%2Bdi%2B6%2BDesa%2Bdi%2BHalmahera%2BUtara%2BBelum%2BMencoblos
Goasianews.com
JAKARTA- Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah yang juga Sekretaris Desk Pilkada Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik  warga di enam desa di Halmahera Utara yang di isukan belum mencoblos, tidak tepat.  Sebab sebagian besar mencoblos.

Penjelasan Akmal tersebut menjawab informasi bahwa ribuan warga di 6 desa di Halmahera Utara belum memilih karena tak mau di masukkan kedalam Kabupaten Halmahera Utara. Menurut Akmal pemungutan suara di enam desa, memang jadi pantauan tim monitoring Pilkada Kemendagri.

" Pemantauan kita di Maluku Utara terutama yang terkait kasus Halmahera Utara, pada tanggal 26 Juni 2018 atau H-1 telah dilakukan rapat kordinasi yang difasilitasi oleh Kapolda yang dihadiri Danrem KPUD, Bawaslu Maluku Utara, tim kampanye masing-masing calon, perwakilan dari enam desa di Halmahera Utara," kata Akmal, di Jakarta, Selasa (10/7).

Dalam pertemuan itu lanjut Akmal, telah ada beberapa hal yang disepakati. Pertama, telah ada upaya menjamin terlaksananya penggunaan hak pilih msyarakat pada 27 Juni 2018 di 6 desa pada Pilgub Maluku Utara 2018. Dan disepakati, hasil pemungutan dan penghitungan suara 6 desa setelah diterima PPS akan langsung disampaikan ke KPU Provinsi Maluku Utara.

" Tapi pada hari H pelaksanaan pemilihan di  6 desa dimaksud ternyata tidak berjalan sebagaimana kesepakatan yang ada karena masyarkat yang pro kabupaten Halmahera Barat," kata Akmal.

Mereka, kata Akmal tetap menolak menggunakan hak pilihnya sepanjang masih dilayani KPU Kabupaten Halmahera Utara. Jumlah total pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari enam desa sebanyak 5107 pemilih. Saat hari H pemungutan suara, sebagian dari pemilih di enam desa, menunaikan hak pilihnya. Jadi tidak benar, jika semua menolak mencoblos.

" Yang gunakan hak pilih di enam desa dari total jumlah pemilih yang tercatat di DPT sebanyak 2367 orang. Yang tidak milih sebanyak  2740 pemilih," kata Akmal.

Jadi, kata dia, informasi bahwa seluruh masyarakat di 6 desa  tidak menggunakan hak pilihnya kurang tepat. Sebab faktanya  masih ada masyarakat yang menggunakan hak pilihnya.  Pada prinsipnya seluruh tahapan pengumuman, penghitungan serta  rekapitulasi penghitungan suara telah berjalan sesuai dengan PKPU Nomor 8 tahun 2018 dan PKPU Nomor 9 tahun 2018.
# GA-003 | Humas Kemendagri

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->