Survey. 96% Jurnalis di Jepang Alami Pelecehan Seksual - Go Asianews

Breaking

Thursday, May 24, 2018

Survey. 96% Jurnalis di Jepang Alami Pelecehan Seksual

ilustrasi

JEPANG - Kasus pelecehan seksual terhadap seorang reporter TV di Jepang berbuntut panjang. Pelakunya diketahui merupakan birokrat Departemen Keuangan. Kini kasus tersebut rupanya menggiring hampir semua responden yang merupakan pekerja media. Mereka mengaku mengalami pelecehan seksual beberapa kali.

Responden kuesioner tersebut 103 perempuan dan empat laki-laki. Hasilnya, sebanyak 102 perempuan yang melapor telah mendapat perlakuan pelecehan seksual. Sebanyak 51 di antaranya mengatakan, bahwa mereka mengalaminya hinga 10 kali atau lebih, sedangkan 47 lainnya mengatakan menerima pelecehan seksual sebanyak dua sampai sembilan kali. Jika dipresentase, maka sebanyak 96 persen pekerja media mengalami pelecehan seksual.

Salah seorang anggota kelompok yang melakukan survei tersebut sekaligus korban pelecehan seksual, Jun Yamamoto mengatakan, dirinya terkejut dengan hasil survei tersebut. Pasalnya, hak asasi para wartawan dan pekerja industri lainnya tidak dilindungi.

Sebagaimana di lansir dari Japan Today, Minggu (21/5), survei ini dilakukan setelah tereksposnya kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan birokrat senior Departemen Keuangan terhadap seorang reporter TV perempuan.

Pada riset tersebut, responden mendapat pertanyaan pilihan ganda. Salah satunya mengenai berapa usia para pelaku. Sebanyak 91 responden mengatakan, usia pelaku pelecehan yakni 20-an. Kemudian sebanyak 29 responden lainnya mengaku telah dilecehkan oleh yang berusia 30-an. Sementara itu, 58 responden mengatakan, para pelaku pelecehan berusia 40-an, sedangkan 54 lainnya mengaku pelaku pelecehan berusia 50-an.

Dalam banyak kasus, pelecehan seksual banyak terjadi ketika para responden bertemu dengan kolega bisnis sekaligus saat mencari sumber berita yang dilakukan wartawan. Sementara insiden lainnya melibatkan para bos dan kolega-kolega senior.

Dalam pertanyaan pilihan ganda lainnya, sebanyak 49 responden mengatakan mereka dipeluk, sedangkan 39 lainnya mengatakan mereka didesak untuk melakukan hubungan seks dan delapan orang lainnya mengaku dipaksa. Sebanyak 61 responden mengaku jenis pelecehan seksual yang paling umum adalah melalui ejekan dan candaan yang mereka anggap sebagai pelecehan seksual.
(sumber:Japan Today/ ite)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->