Jerome Powell : Government Shutdown Berpotensi Pukul Perekonomian AS - Go Asianews

Breaking


Thursday, January 31, 2019

Jerome Powell : Government Shutdown Berpotensi Pukul Perekonomian AS


Goasianews.com
Jakarta - Gubernur bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve, Jerome Powell, memperingatkan bahwa terjadinya penutupan pemerintahan atau government shutdown lagi dapat berpotensi memukul perekonomian Negeri Paman Sam dan merusak keyakinan para pelaku ekonomi.

Hal itu ia sampaikan dalam konferensi pers setelah rapat Federal Open Market Committee (FOMC) selama dua hari berakhir, Rabu (30/1/2019).

Penutupan pemerintahan selama lima minggu yang baru saja berakhir Jumat pekan lalu sepertinya tidak akan memberi dampak buruk dalam jangka panjang terhadap perekonomian AS. 

Namun, shutdown lanjutan akan memiliki dampak yang permanen atau berlangsung lama, ujar Powell, dilansir dari AFP.

Pemerintahan federal AS ditutup sebagian sejak 22 Desember lalu karena Presiden Donald Trump dan Partai Demokrat berbeda pandangan mengenai pendanaan pembangunan tembok batas dengan Meksiko yang diminta Trump.

Pemerintahan kini telah dibuka kembali setelah anggaran sementara hingga 15 Februari disepakati tanpa dana pembangunan tembok. Namun, Trump telah mengisyaratkan akan menutup pemerintahan lagi bila Demokrat tidak juga menyetujui anggaran yang ia minta.

Kantor Anggaran Kongres (Congressional Budget Office/ CBO) AS baru saja mengeluarkan hasil riset bahwa penutupan pemerintahan atau government shutdown selama 35 hari yang berakhir Jumat pekan lalu membuat ekonomi AS kehilangan kehilangan US$3 miliar (Rp 42,3 triliun).

Lembaga itu juga mengatakan penutupan pemerintahan akan membuat ekonomi AS lebih rendah 0,02% dari yang diharapkan pada tahun 2019.

#dn/ prm/ AFP

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->