Overlay Diatas Jalan Beton, Dinas PUPR Kab.Pessel Kurang Bijak Gunakan Anggaran DAU - Go Asianews

Breaking


Monday, February 20, 2023

Overlay Diatas Jalan Beton, Dinas PUPR Kab.Pessel Kurang Bijak Gunakan Anggaran DAU

 

Overlay perkerasan lentur (Hotmix) diatas jalan beton di ruas Jalan Koto Berapak – Talaok (Kec.Bayang) sepanjang 2 KM,

GoAsianews.com

Kab.Pessel (SUMBAR) - Beberapa kalangan menilai Dinas PUPR Kab.Pessel kurang Bijak dalam menggunakan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU Tahun 2022). Karena melakukan overlay perkerasan lentur (Hotmix) diatas jalan beton. 


Hal ini dinilai sebuah pemborosan, dan asal menentukan ruas penanganan (jalan), sementara masih banyak ruas jalan yang berada dibawah kewenang Kabupaten yang belum tersentuh aspal.


Kejadian ini disesalkan oleh pemerhati kontruksi, Ir.Sutan Hendy Alamsyah.


"Wilayah Kabupaten Pesisir Selatan sangat luas, masih banyak ruas -ruas jalan Kabupaten yang berkondisi segera memerlukan penanganan," ungkap Sutan, Senin (20/02/2023).


"Salahsatunya ruas jalan yang menghubungkan Kampung Lagan dan Lagan Kaciak di Lagan Mudiak Punggasan (Kecamatan Linggo Sari Baganti), yang belum pernah tersentuh aspal dan masih berkondisi tanah. 

Akses jalan yang menghubungkan Kampung Lagan dan Lagan Kaciak di Lagan Mudiak Punggasan belum pernah tersentuh aspal dan masih berkondisi tanah. 


"Mestinya Dinas PUPR Kab.Pessel lebih arif, bijak, pintar dan melek dalam memilih dan menentukan ruas penanganan yang harus segera dilakukan terlebih dahulu," tegasnya.


"Melakukan overlay perkerasan lentur (Hotmix) diatas jalan beton seperti yang terjadi di ruas Jalan Koto Berapak – Talaok (Kec.Bayang) sepanjang 2 KM, saya rasa ini sebuah pemborosan, mengingat kondisi jalan tersebut belum termasuk emergency jika dibandingkan dengan kondisi ruas jalan lainnya.


Dan yang lebih parah.., abruknya Oprit Jembatan pada ruas Jalan Koto Berapak – Talaok yang dilakukan overlay tersebut justru tidak tersentuh perbaikan," tambah pemerhati kontruksi alumni UI (Universitas Indonesia) yang berdarah Minangkabau ini.

Oprit Jembatan pada ruas Jalan Koto Berapak – Talaok yang dilakukan overlay justru tidak tersentuh perbaikan


Terkait hal tersebut, Kepala Dinas PUPR Kab.Pessel, Devitra yang konfirmasi, Minggu (19/02) melalui selulernya/WhatsApp (08116602XXX) belum memberikan penjelasan.


Sebagaimana diketahui, ruas Jalan Koto Berapak – Talaok (Kec.Bayang) merupakan salahsatu titik lokasi pengerjaan yang masuk dalam paket kegiatan Rehabilitasi/ Pemeliharaan Jalan Paket II (DAU). Yang dilaksanakan oleh PT.DEKKY KARYA BESTARI dengan nilai terkontrak Rp. 11.725.875.000,00. 


PT.DEKKY KARYA BESTARI menang dengan turun penawaran tidak cukup dari 2% dari nilai HPS yakni Rp. 11.937.088.501,00.

(deni)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->