Ini Penjelasan Pengusaha yang Robohkan Rumah Singgah Bung Karno di Padang - Go Asianews

Breaking


Tuesday, February 21, 2023

Ini Penjelasan Pengusaha yang Robohkan Rumah Singgah Bung Karno di Padang



GoAsianews.com

Padang,(SUMBAR) - Rumah singgah Bung Karno di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dihancurkan. Pemilik bangunan mengaku akan mendirikan restoran di tempat itu, dan tidak tahu kalau bangunan itu adalah cagar budaya.

"Saya tidak tahu. Benar-benar tidak tahu," kata Soehinto Sadikin, pemilik bangunan kepada wartawan, Selasa (21/2/2023).


Soehinto membeli rumah tersebut pada tahun 2017 lalu dari Andreas Sopandi, pengusaha Tionghoa Padang yang juga Ketua Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Padang. Sebelumnya Andreas, rumah dimiliki oleh Fauzi Bahar, mantan Wali Kota Padang periode 2004-2014.


Soehinto mengaku tidak mengetahui rumah yang ia beli merupakan rumah singgah Soekarno yang sudah menjadi cagar budaya.


"Keterangan dari pemilik sebelumnya tidak ada. Tidak ada penjelasan. Jadi ada yang berminat mau bikin restoran," katanya.


Soehinto berani meruntuhkan bangunan tersebut untuk kemudian hendak dijadikan restoran karena sudah mendapatkan izin dari Pemkot Padang.


"Kami mengerjakan ini tentu ada dasarnya sudah meminta Keterangan Rencana Kota (KRK). Bahwasanya di sini akan dibangun restoran," ujar Soehinto


Ternyata setelah dirubuhkan rumah tersebut menjadi perhatian publik, karena ternyata rumah yang dirubuhkan itu adalah rumah singgah Soekarno yang sudah tercatat sebagai bangunan cagar budaya.Ke depan, Soehinto, akan berkoordinasi dengan Pemkot Padang untuk solusi dari bangunan tersebut.


"Apakah pembangunan tetap dijalankan atau tidak, kami tunggu arahan dari Pemkot bagaimana sebaiknya," kata Soehinto lagi. (dtk/*)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->