"Multi Efek Pembangunan DI.Batanghari" Jaga Ketahanan Pangan, Ekonomi hingga Terbukanya Akses Lalulintas - Go Asianews

Breaking


Saturday, September 17, 2022

"Multi Efek Pembangunan DI.Batanghari" Jaga Ketahanan Pangan, Ekonomi hingga Terbukanya Akses Lalulintas




GoAsianews.com
Kab.Dharmasraya (SUMBAR) - Melalui kajian yang matang, dipastikan pembangunan yang baik, terencana, dan terarah akan mendatangkan multi efek positif pada kondisi lingkungan, masyarakat dan tumbuh kembang suatu daerah.


Memanfaatkan sumber daya alam tanpa mengabaikan kelestariannya, dan memanfaatkan sumber daya alam tersebut untuk mengembangkan keunggulan-kengugulan potensi alam lain yang ada dan tersimpan/terpendam merupakan suatu langkah pembangunan yang sangat bijak.



Dilaksanakan oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang, pembangunan infrastruktur yang terlaksana dalam kegiatan Peningkatan/Rehabilitasi DI.Batanghari telah dipastikan masuk dalam golongan pembangunan yang sangat efektif, efesien dan bijak.


Meski belum tuntas 100%, multi efek dari pembangunan Peningkatan/Rehabilitasi DI.Batanghari telah membias jelas.


Selain fungsi utama sebagai sarana pengairan lahan pertanian, keberadaan infrastruktur irigasi ini juga telah membuka akses lalulintas baru didaerah tersebut. Selain itu, masyarakat sekitar juga mengaku.., dengan terbukanya akses lalulintas baru ini akan menjadi pemicu bagi diri mereka untuk mengolah lahan tidur untuk menjadi lebih produktif.



"Satu lagi, urat nadi perekonomian masyarakat kembali tercipta, hal ini seiring dengan pembangunan infrastruktur peningkatan/rehabilitasi DI.Batanghari," ucap M.Yusuf Suarno saat ditemui media ini (Selasa 20/09), mahasiswa kelahiran Kab.Dharmasraya (2001) yang tengah menempuh pendidikan di salah satu Universitas ternama di Kota Padang.


"Sebagai masyarakat setempat, saya sangat bersyukur dengan gencarnya pembangunan di Kab.Dharmasraya yang didukung oleh anggaran APBN" cetusnya.


"Kesuksesan pelaksanaan pembangunan infrastruktur peningkatan/rehabilitasi DI.Batanghari telah menjadi bagian penting dalam mewujudkan Kab.Dharmasraya sebagai salah satu sentral lumbung pangan nasional di Sumatera Barat.


"Irigasi ini akan termanfaatkan untuk ratusan Hektar lahan pertanian masyarakat, mulai dari persawahan, hingga kebun dan ladang, juga termanfaatkan oleh pelaku usaha di bidang peternakkan.


Dan terbukanya ruas jalan baru sepanjang daerah irigasi ini, M.Yusuf berharap akses lalulintas tersebut dapat segera dimantapkan, karena keberadaannya sangat mendukung kelancaran aktivitas masyarakat, salah satunya sebagai akses strategis untuk membawa hasil pertanian," ungkapnya.



Secara terpisah, pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang (BWSS V Padang), melalui Ihsanul Fitrah, ST, MPSDA selaku PPK Irigasi dan Rawa pada SNVT PJPA WS Batanghari memastikan kegiatan pembangunan infrastruktur terlaksana sesuai prosedur dan standar spesifikasi.


"Kegiatan pembangunan infrastruktur dilaksanakan secara terukur, sesuai prosedur dan standar spesifikasi" tegasnya (19/09/2022).


Dan terkait progres pembangunan, Ihsanul Fitrah memaparkan, "Alhamdulillah sejauh ini kegiatan berjalan lancar, dan bobot pelaksanaan kegiatan telah berada pada posisi progres 85 %, dan mudah-mudahan di November ini kegiatan telah rampung," harapnya.



Sebagaimana diketahui, kegiatan pembangunan infrastruktur Peningkatan/Rehabilitasi DI.Batanghari ini dilaksanakan oleh PT.Atifah Karya Utama, dengan waktu pelaksanaan selama 240 hari kalender. (deni)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->