Pondasi Peningkatan Jalan Balai Baru Lapau Panjang, Sudah Sesuaikah CBRnya..? - Go Asianews

Breaking


Wednesday, July 7, 2021

Pondasi Peningkatan Jalan Balai Baru Lapau Panjang, Sudah Sesuaikah CBRnya..?

Pondasi Peningkatan Jalan Balai Baru Lapau Panjang Kota Padang (Dok: 7/07/2021).


GoAsinews.com

Padang (SUMBAR) - CBR (California Bearing Ratio) merupakan suatu jenis test untuk mengukur daya dukung  kekuatan geser tanah atau bahan pondasi pada jalan (Timbunanan). Tes ini sangat penting, agar kualitas dan ketahanan lintasan dapat terukur sesuai kelas jalan yang dibangun.


Selain ukuran CBR pada bahan timbunan, Ketebalan base pada jalan (perkerasan lentur) yang dibangun tentu juga menentukan kualitas kontruksi jalan tersebut.


Karena kondisi lintasan yang sangat tidak mendukung, saat ini Pemerintah Kota Padang tengah melakukan rekonstruksi pada ruas jalan Balai Baru. Dengan nama paket kegiatan Peningkatan Jalan Balai Baru Lapau Panjang.


Rekonstruksi jalan wilayah Kec.Kuranji ini meliputi ruas Lapau Manggis - Belimbing, Gunung Sariak - Belimbing, dan ruas jalan Simpang Tiga Umar Kalil.


Terkait spesifikasi kualitas timbunanan, serta jenis dan ketebalan dari Base pada pelaksanaan rekonstruksi ruas jalan wilayah Kec.Kuranji ini, Kadis PUPR Kota Padang Harmen Feri, melalui Kabid Bina Marga PUPR Kota Padang Hari menekankan kegiatan tersebut harus berjalan sesuai spesifikasi teknis.


"Saya tidak ingin ada masalah di kemudian hari, dan saya selalu tekankan pada Konsultan Supervisi untuk menjalankan fungsinya dengan baik" ungkap Hari pada GoAsianews.com (7/07/2021).


"Terkait CBR pada bahan timbunanan kita sudah lakukan uji labor" ungkapnya.


Lebih lanjut Hari memaparkan, "penanganan peningkatan rekonstruksi jalan pada kegiatan Peningkatan Jalan Balai Baru Lapau Panjang dibagi menjadi dua sistem, yakni pembangunan dengan pola perkerasan lentur (Hotmix) dan perkerasan kaku (Rigid Pavement / Beton)"


Selain pengawasan yang dilakukan oleh Konsultan Supervisi, Kabid Bina Marga Kota Padang ini juga berharap ada peranan masyarakat dan pihak eksternal (media/LSM) secara aktif dalam melakukan pengawasan dan memberikan informasi yang bersifat membangun" harap Hari.


Sebagaimana diketahui, kegiatan Peningkatan Jalan Balai Baru Lapau Panjang ini didanai oleh APBD Kota Padang dengan nilai terkontrak Rp.11.203.571.610,00 yang dilaksanakan oleh PT.Lingkar Persada selaku perusahaan pemenang tender.

(deni/tim)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->