Pasca Sidak Galian C, Komisi IV DPRD Sumbar Akan Keluarkan Rekomendasi Tindaklanjut - Go Asianews

Breaking


Wednesday, May 26, 2021

Pasca Sidak Galian C, Komisi IV DPRD Sumbar Akan Keluarkan Rekomendasi Tindaklanjut


GoAsianews.com

Solsel (SUMBAR) - Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy bersama Komisi IV DPRD Sumbar melakukan sidak lapangan terkait maraknya galian C di ruas jalan nasional Alahan Panjang Kab.Solok - Surian Kab.Solok Selatan, (25/05/2021).


Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kab.Solok Jon Firman Pandu, pejabat dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumbar, Dinas Pertambangan dan ESDM Provinsi Sumbar ,Dinas PUPR Provinsi Sumbar, DLH, BPBD Provinsi Sumatera Barat dan lainnya.


Sidak ini merupakan tindak lanjut surat dari Pemerintah Pusat ke Gubernur Sumbar untuk menertibkan Seluruh aktivitas Tambang di sepanjang ruas Jalan Nasional.



Aktivitas tambang (galian C) selain merusak lingkungan dan jalan, longsor yang sering terjadi di ruas ini juga mengakibatkan akses perekonomian masyarakat sekitar menjadi terganggu.


Pasca sidak lapangan tersebut, Mario Syahjohan anggota Komisi IV DPRD Sumbar dari Fraksi Partai Gerindra ini memastikan akan keluarnya rekomendasi dari Komisi IV dalam waktu dekat.


"Nanti kita akan duduk bersama dengan Instansi terkait, seperti ESDM, DLH, PUPR, juga pihak penegak hukum (Polda Sumbar) mengenai hasil sidak kemaren. Dan dalam waktu dekat kita akan keluarkan rekomendasi dari komisi IV terkait langkah dan tidak lanjut yang akan dilakukan" jelas Mario pada GoAsianews.com (26/05/2021).


Lebih lanjut Mario memaparkan, "harapan masyarakat adalah agar Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk menertibkan semua tambang sepanjang jalan nasional"


"Dan untuk pelaku usaha kita akan tinjau semua izin tambang yang ada disana, yang tidak ada izin kita akan kerjasama dengan pihak Polda untuk dipidanakan" tegas Mario.


Dan disisi lain, terkait pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur, Mario meminta pihak instansi terkait meningkatkan pengawasan dilapangan, agar mutu perkerjaan dapat tercapai sesuai usia perencanaan kontruksi.


"Agar ini dapat terwujud, kita akan kawal setiap dana APBN yang dibantu pemerintah pusat yang masuk ke Provinsi Sumbar" ucap Mario.

(deni)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->