Sumbar Raih Penghargaan Penanggulangan Bencana dari BNPB - Go Asianews

Breaking


Thursday, March 11, 2021

Sumbar Raih Penghargaan Penanggulangan Bencana dari BNPB



GoAsianews.com

Padang (SUMBAR) - Dinilai mampu mensinergikan sumberdaya yang ada dan melibatkan banyak unsur dalam penanggulangan bencana, Provinsi Sumatera Barat meraih penghargaan bidang penanggulangan bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).


Sumbar mendapatkan penghargaan tersebut bersama dengan 25 pemerintah daerah lainnya, media, dunia usaha, masyarakat, dan perguruan tinggi, yang disampaikan oleh Kepala BNPB Doni Monardo, dalam sesi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2021 dengan tema “Tangguh Menghadapi Bencana” secara daring oleh (BNPB), Rabu (10/3/2021).


Gubernur Sumbar Mahyeldi, yang didampingi Kalaksa BPBD dan Kadis Kominfo menyatakan apresiasi atas penghargaan tersebut dan berharap dengan raihan penghargaan ini, BPBD Sumbar bisa lebih baik dan lebih cepat dalam penanganan bencana.


"Kepala BPBD juga harus tetap berkoordinasi dengan OPD dan kelompok-kelompok masyarakat sehingga ketika terjadi bencana bisa cepat penanganannya. Dukungan teknologi untuk memprediksi juga sangat penting, termasuk juga sarana komunikasi agar cepat informasinya," tutur Mahyeldi


Gubernur juga berpesan agar terus dilakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan-pelatihan penanggulangan bencana untuk relawan-relawan tanggap bencana, termasuk tim reaksi cepat (TRC) yang ada di beberapa OPD.


Sementara itu, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Erman Rahman usai penerimaan penghargaan mengatakan bahwa penghargaan ini bukan prestasi pemerintah semata karena dalam penanggulangan bencana, pemerintah Sumbar melalui BPBD Sumbar selalu bersinergi dengan melibatkan banyak unsur, baik masyarakat maupun swasta.


"Kita di Sumbar ini dinilai selalu melibatkan seluruh komponen dalam upaya penanggulangan bencana. Ada keterlibatan semua unsur, jadi tidak pemerintah saja, sehingga kita dianggap berhasil dalam sinergi penanggulangan bencana," kata Erman.


Pihaknya akan menjadikan penghargaan ini sebagai pemacu semangat untuk semakin komit dalam penanggulangan bencana di Sumbar.


Sementara itu Kepala BNPB, Doni Monardo mengulangi beberapa penekanan Presiden RI Joko Widodo tentang pentingnya mitigasi dan pencegahan bencana. Pemerintah daerah diminta agar dalam mengambil setiap kebijakan selalu sensitif terhadap kerawanan bencana. “Bencana bukan semata musibah, tetapi harus dicegah. Petaka bagi mereka, dosa bagi kita yang telah abai dan lalai,” ungkapnya.

(doa/red)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->