"Selesaikan Perselisihan" Raja Salman dan Erdogan Sepakat Tingkatkan Hubungan Bilateral - Go Asianews

Breaking


Monday, November 23, 2020

"Selesaikan Perselisihan" Raja Salman dan Erdogan Sepakat Tingkatkan Hubungan Bilateral

Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (dok foto 2018)


GoAsianews.com

Jakarta - Presiden TurkiTayyip Erdogan dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral dan menyelesaikan perselisihan yang luar biasa melalui dialog, kata kepresidenan Turki kemarin.


Dilansir dari Reuters, kantor berita negara Saudi SPA melaporkan bahwa Raja Salman menghubungi Erdogan untuk mengkoordinasikan upaya yang dapat dilakukan kedua negara dalam KTT G20, yang akan berlangsung pada 21 dan 22 November.


Dalam diskusi yang berlangsung dalam panggilan telepon itu, kedua pemimpin setuju untuk meningkatkan saluran komunikasi dan berkomitmen untuk membuka diri masing-masing untuk berdiskusi mengenai rintangan diplomatik yang dihadapi kedua negara.


"Presiden Erdogan dan Raja Salman setuju untuk menjaga saluran dialog tetap terbuka untuk meningkatkan hubungan bilateral dan mengatasi masalah," kata kepresidenan Turki dalam sebuah pernyataan.


Hubungan Riyadh dan Ankara akhir-akhir ini memanas. Hal ini dimulai 2018 lalu ketika jurnalis Arab Saudi keturunan Turki Jamal Khashoggi dibunuh di konsulat jenderal Arab Saudi di Istanbul. Hingga saat ini jasad dari Khashoggi belum ditemukan.


Selain itu pedagang Saudi dan Turki gerah atas spekulasi bahwa Arab Saudi sedang memberlakukan boikot tidak resmi atas impor dari Turki. Kelompok bisnis terkemuka Turki mendesak Arab Saudi bulan lalu untuk meningkatkan hubungan perdagangan. (sef)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->