Menlu Retno Serahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu Luar Negeri Pada Ketua KPU - Go Asianews

Breaking

Link Lintas Informasi..., Geser Kebawah Untuk Barita Utama...⏬

Monday, February 19, 2018

Menlu Retno Serahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu Luar Negeri Pada Ketua KPU

Menlu Retno Marsudi menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu Luar Negeri (DP4LN) kepada Ketua KPU, Arief Budiman di Kantor Kemenlu RI Pejambon, (foto: dit.infomed/rudi).

Goasianews.com
Jakarta - Menteri Luar Negeri Republik I​ndonesia, Retno L.P. Marsudi menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu Luar Negeri (DP4LN) kepada Ketua KPU, Arief Budiman di Kantor Kementerian Luar negeri RI (14/2).

Sesuai dengan amanat  Undang-Undang No.7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, yaitu mengamanatkan Kementerian Luar Negeri untuk menyampaikan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu Luar Negeri (DP4LN) paling lambat 14 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Dalam DP4LN tersebut terdapat sejumlah 2,04 juta WNI di luar negeri yang terdata sebagai pemilih potensial. Data tersebut diperoleh setelah dilakukan verifikasi dan pemadanan data WNI dengan instansi terkait yakni Kementerian Dalam Negeri dan BNP2TKI.

Sebelumnya pada tanggal 15 Desember 2017, Kementerian Luar Negeri telah menyerahkan Data WNI di luar negeri berdasarkan pendataan Perwakilan RI yakni sebanyak 3,2 juta orang.

Arief Budiman selaku Ketua KPU menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Luar Negeri yang telah menyerahkan DP4LN lebih awal dari tenggat waktu yang ditetapkan. "Saya apresiasi kerja Kemenlu yang telah menyampaikan DP4LN di depan jadwal yang telah ditetapkan," kata Arief.

KPU juga memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan Kementerian Luar Negeri untuk melakukan pendataan dan verifikasi terhadap data WNI di luar negeri, termasuk dengan meluncurkan aplikasi yang memfasilitasi lapor diri WNI, yakni Portal Pelayanan dan Perlindungan WNI di luar negeri. Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan data yang diperoleh lebih valid dan dapat dipertanggungjawabkan.  Dalam hal ini disampaikan bahwa pada Pemilu tahun 2014, DP4LN mencatat sebanyak 2,7 juta WNI pemilih potensial di luar negeri.

Menteri Luar Negeri lebih lanjut menyampaikan komitmen  Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI di Luar Negeri untuk mendukung dan membantu KPU dalam melaksanakan dan mensukseskan pesta demokrasi pada tahun 2019. "Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI  di luar negeri siap mensukseskan Pemilu 2019," pungkas Retno.

Acara penyerahan DP4LN dihadiri Sekjen KPU, Sekjen Kemenlu RI Mayerfas dan Ketua Pokja PLN Wajid Fauzi, dan pejabat Eselon terkait lainnya.


#GAnews011/Pokja PLN/Kemenlu

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->