Juprianto "Pemuda Harus Bermental Pancasilais Hadapi Era Digitalisasi" - Go Asianews

Breaking

Link Lintas Informasi..., Geser Kebawah Untuk Barita Utama...⏬

Sunday, October 29, 2017

Juprianto "Pemuda Harus Bermental Pancasilais Hadapi Era Digitalisasi"

Juprianto, Bendahara Umum MPW Pemuda Pancasila Prov.Sumbar

Goasianews.com
Padang (SUMBAR)
- Jika di korelasikan dengan sejarah bangsa, kita akan melihat begitu dominannya peranan pemuda dalam melakukan perubahan di negri Indonesia yang besar  ini.

Peranan pemuda dalam pergerakan kemerdekaan, secara umum ditandai oleh dua fase penting yaitu fase berdirinya organisasi-organisasi yang bersifat nasionalis antara tahun 1905-1927 dan fase dari peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober tahun 1928 yang  menjadi cikal bakal persatuan Indonesia,  hingga di Proklamasikannya kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945.

Dalam memaknai Hari Sumpah Pemuda dan meneruskan estafet Pemuda dalam menjaga keutuhan dan Kedaulatan NKRI, Juprianto Bendahara Umum MPW Pemuda Pancasila Prov.Sumbar menjelaskan “pemuda telah menunjukkan peran dan eksistensinya secara jelas untuk menjadi lokomotif perubahan yang heroik bagi tercapainya kemerdekaan dalam perjalanan bangsa Indonesia. Pada konteks tersebut, semakin menegaskan bahwa pemuda memiliki posisi strategis dalam menggerakkan perubahan dan menciptakan sejarah baru bangsa ini atau paling tidak menjadi trend setter sejarah Indonesia" ungkapnya.

Lebih lanjut Juprianto menjelaskan "dari gugusan sejarah Indonesia yang jangan pernah dilupakan adalah bahwa kontribusi terbesar terbentuknya sejarah Indonesia karena adanya komitmen dan kesadaran yang tulus melalui peran pemuda di masa lalu.

Kita sebagai generasi muda yang hidup di era ini, harus menjadi estapet perjuangan para pendahulu kita, baik dalam hal ikut serta dalam mempertahankan kesatuan dan kedaulatan bangsa Indonesia, maupun dalam memajukannya menuju masa depan Indonesia yang mandiri dan berkeadilan, yang terbinkai dalam satu keteguhan Bhineka Tunggal Ika dalam pengakuan terhadap tanah air satu, bangsa satu dan bahasa satu, yaitu indonesia.

Perkembangan sosial media sangat mempengaruhi pola pikir dan perilaku masyarakat dewasa ini. Selain memiliki dampak positif, era perkembangan teknologi digitalisasi yang tak terbendung ini juga membawa aura negative bagi bangsa ini. Hal ini menjadi tantangan nyata bagi pemuda Indonesia dalam menjaga kesatuan dan kedaulatan bangsa yang utuh.

Upaya penanaman dan pemeliharaan karakter kepada generasi muda Indonesia supaya tidak terpengaruh oleh bahaya terorisme, narkoba, yang berkembang melalui dunia digital dan efek nagatif sosial media yang cenderung di jadikan sarana saling menghujat harus terus ditekan.

Lalu bagai mana cara menekan efek negative dari perkembangan era digitalisasi ini terhadap mental para pemuda Indonesia..?, “saya berpendapat hanya ada satu suplemen  yaitu pemuda harus menjadi pancasilais sejati, karena hanya dengan ini para generasi muda dapat mengamalkan Pancasila dalam setiap aktivitasnya. Dan dari sinilah timbul  rasa cinta pada Tanah Air dan pemahaman yang hakiki dari semboyan Bhineka Tunggal Ika dapat terimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sendirinya.

Oleh karena itu, para generasi muda sekarang harus dapat menyikapi perkembangan yang terjadi di dunia, selalu mengambil sisi positif, dan meninggalkan sisi negatifnya.

Memiliki semangat jiwa muda yang dapat membangun Negara Indonesia yang mandiri, bersatu dan damai walaupun berbeda agama, suku, dan budaya. Dapat berpikir rasional, dan demokratis dalam menuntaskan segala masalah yang ada di negara yang kita cintai ini.

Yang intinya adalah pemuda harus tetap menjaga kekompakan di segala bidang, dan saling  menghargai juga saling menghormati, dan yang tak kalah penting Pemuda harus santun dan sayang terhadap orang tua dan keluarganya, karena  lingkungan keluarga merupakan penentu kokohnya pondasi karakter positiv yang tumbuh pada mental individu pemuda itu sendiri.

Semoga mental Pancasilais ini tetap berkembang subur di hati kita. “harap Juprianto.

#deni



No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->