Dinas PRKPP Padang Saksikan Instalasi Jaringan Distribusi Air Minum (SR) DAK Paket II Belum Dinikmati Masyarakat - Go Asianews

Breaking


Monday, March 6, 2023

Dinas PRKPP Padang Saksikan Instalasi Jaringan Distribusi Air Minum (SR) DAK Paket II Belum Dinikmati Masyarakat

Tarmizi (Ketua RT), Kampung Kamber RW 01 Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat.


GoAsianews.com

Padang (SUMBAR) - Terkait pemberitaan sebelumnya PHO November 2022, "Setetes Airpun Belum Mengalir" dari Instalasi Jaringan Distribusi Air Minum (SR) DAK Paket II

Dinas PRKPP Kota Padang beserta rombongan langsung meninjau kondisi lapangan pada Jumat (3/03/2023). Dan hasil survei tersebut tidak dapat dibantahkan, bahwa benar adanya hasil pembangunan Instalasi Jaringan Distribusi Air Minum (SR) DAK Paket II (TA 2022) belum dinikmati oleh masyarakat secara maksimal.


"Jaringan pipa pada Sambungan Rumah (SR) alami kebocoran," ucap Novianti Kabid Dinas PRKPP Kota Padang, Jumat (3/03/2023) dikantornya.


"Dan kami telah perintahkan kepada pihak Rekanan untuk segera memperbaikinya," tambah Novianti.


Terkait tidak difungsikannya fasilitas tersebut karena ada kebocoran pada Sambungan Rumah, kami pihak Dinas tidak ada menerima laporan, dan baru mengetahuinya setelah munculnya pemberitaan dari media," sebut Novianti.


Kerusakan Sebelumnya Telah Diketahui oleh pihak Rekanan.

Kegiatan perkerjaan Instalasi Jaringan Distribusi Air Minum (SR) Paket II, ini masuk dalam kegiatan peningkatan kualitas kawasan pemukiman kumuh (luas dibawah 10 Ha). Yang didukung oleh anggaran Dana Alokasi Khusus TA 2022 sebesar Rp. 860.742.413,751 (terkontrak).  


Dan dalam pelaksanaan kegiatan fisiknya, CV. Bintang Konstruksi Utama merupakan kontraktor pelaksana pemenang tender, dan CV. Parama Engineering Consultan selaku Supervisi.


"Terkait kerusakan/kebocoran pada pipa Saluran Rumah (SR), kami telah memberitahukannya kepada pihak pelaksana berkali-kali, namun tidak kunjung ada perbaikan," ungkap Tarmizi (Ketua RT) pada awak media, Sabtu (4/03).


"Sebanyak 60 titik sambungan (SR) tidak dapat dipergunakan, karena rata- rata mengalami kebocoran."


"Oleh sebab itu galon utama penampungan tidak diisi air, karena kalau diisi rumah warga akan digenangi air yang keluar dari pipa-pipa yang bocor," jelas Tarmizi.


Tanggapan Sekda Kota Padang, Kepala Dinas PRKPP dan APH

Terkait belum dapat dimanfaatkan secara maksimal fasilitas infrastruktur yang didanai oleh APBN ini (DAK TA 2022), Sekda Kota Padang Andre Algamar, Raf Indra Kepala Dinas PRKPP Kota Padang dan M.Fatria, Kepala Kejaksaan Negeri Padang (Kajari Padang) bagian dari APH menanggapi dengan positif.


"Hampir senada, mereka mengucapkan terimakasih atas informasi yang telah disampaikan".


Disisi lain, dengan telah diketahui kondisi tersebut oleh pihak yang berkompeten, masyarakat sekitar tentu sangat berharap hasil dari perbaikan yang dilakukan sesuai dengan standar penanganan, dan merujuk pada standar usia ketahanan fasilitas infrastruktur yang telah digariskan sesuai perencanaan awal yang telah ditetapkan oleh Dirjen Kementrian terkait. (deni/tim)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->