Waspada Cuaca Ekstrem, BWSS V Padang lakukan Apel Siaga Satgas Bencana - Go Asianews

Breaking


Tuesday, October 11, 2022

Waspada Cuaca Ekstrem, BWSS V Padang lakukan Apel Siaga Satgas Bencana

 


GoAsianews.com

Padang (SUMBAR) - Dampak cuaca ekstrem di Sumatera Barat mulai terlihat dan dirasakan, seperti longsor, pohon tumbang dan lainnya. Dan dampak cuaca ini harus selalu diwaspadai.


Salah satu upaya dalam meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi potensi-potensi bencana tersebut, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang (BWSS V Padang) melakukan giat apel siaga bencana.


Apel Siaga Satgas Bencana BWS Sumatera V Padang Tahun 2022 ini berlangsung di Workshop BWSS V Parak Kopi Padang. Apel siaga satgas bencana ini melibatkan unsur unsur Pemerintah Provinsi seperti Dinas SDA dan BK, BPBD Sumbar, Danrem 032 Wirabraja, Danlantamal II, Pemerintah Kota seperti Dandim 0312 Kota Padang, BPBD Kota Padang, Dinas PU Kota Padang, dan UPT Kementerian PUPR se Sumatera Barat, serta FKPS.


Ini merupakan salah satu bentuk koordinasi dan kerjasama para pihak yang menangani kebencanaan.


Bertindak sebagai Inspektur Apel, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera V Padang, Dian Kamila dalam arahannya menyampaikan bahwa kesiapsiagaan bencana dimulai dari kegiatan prabencana yang meliputi penyiapan prasarana, peralatan dan bahan banjiran agar dipastikan berfungsi dengan baik, serta pelaksanaan walkthrough untuk mengecek titik-titik kritis di lapangan. 


Kemudian pada saat terjadi bencana dan pasca bencana juga merupakan tahapan kegiatan dalam kesiapsiagaan bencana, "harus cepat dalam mendapatkan info dan menindaklanjuti kejadian bencana di lapangan".


Dian juga mengingatkan pada pelaksanaan siaga bencana "harus terus menjalin komunikasi, meningkatkan koordinasi dan sinergitas dengan para stakeholders", (deni).

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->