Hadapi MYRES 2022, Kanwil Kemenag Sumbar Gelar Kegiatan Pembinaan dan Penguatan Riset di Madrasah - Go Asianews

Breaking


Friday, June 17, 2022

Hadapi MYRES 2022, Kanwil Kemenag Sumbar Gelar Kegiatan Pembinaan dan Penguatan Riset di Madrasah

 


GoAsianews.com

Padang(SUMBAR) - Dalam rangka meningkatkan minat bakat siswa Madrasah dalam bidang penelitian, maka Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Pendidikan Madrasah menggelar kegiatan Penguatan Riset di Madrasah Tahun 2022 bertempat di Aula Amal Bhakti I, Kamis (16/06). 


Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik dari perwakilan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar dengan jumlah peserta 110 orang terdiri dari guru pembina MYRES dan siswa. kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh seluruh Madrasah Aliyah di Sumatera Barat.


Turut hadir Koordinator Subdit Kesiswaan sekaligus Plt. Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI, Nani Puji Astuti yang hadir bersama Tim Mentor MYRES diantaranya, Maifalinda Fatra, Munas Prianto Ramli, Masyitho, dan Iim Saiful Rahim.


Dalam sambutannya Nani Pudjiastuti menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pusat yang diselenggarakan di Sumatera Barat dan baru pertama kali dilaksanakan di Provinsi ini. 


Tak lupa ucapan terimakasih ia sampaikan karena memberikan kesempatan terkait rancangan pelaksanaan kegiatan sehingga dipertemukan dengan penggerak MYRES di Sumatera Barat. 


Ia menambahkan, dari MYRES kita berlatih bagaimana membuka ruang inovasi dan berkreasi bagi guru dan siswa madrasah untuk berfikir yang lebih kritis, inovatif dan linear dengan pembalajaran abad 2021.


"Dari agenda ini kita mempersiapkan bagaimana anak didik kita punya potensi menghadapi abad 21, mulai sekarang anak didik kita berikan stimulus stimulus, kesempatan untuk punya kreatifitas, daya fikir yang kritis, punya kemampuan untuk berkolaboratif dan berkomunikatif," ujar Nanik.


Lebih lanjut disampaikannya, "kita mengharapkan dari kegiatan ini kita menemukam bagaimana cara menanamkan kepada anak didik agar mempunya mindset, pola berfikir apapun berdasarkan tahapan yang logis dan kritis. 


"Penguatan riset ini berdasarkan evaluasi pelaksanaan MYRES selama 3 tahun dimana selama ini hanya dilakukan di Jawa, sehingga kami ingin juga melakukan si Sumatera, semoga setelah kegiatan ini akan lahir juga juara juara MYRES  dari Provinsi Sumbar," ujar Nanik mengakhiri 


Sementara mengawali sambutannya Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi yang didampingi Kabid Penmad, H. Hendri Pani Dias dan Subkoordinator Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Penmad Kanwil Kemenag Sumbar, H. Afrizal menyampaikan apresiasinya dan  ucapan terimakasih kepada Direktorat KSKK Madrasah yang telah memilihProvinsi Sumatera Barat sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Penguatan Riset Madrasah, dan dihadiri langsung Koordinator Subdit Kesiswaan sekaligus Plt. Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi, Nanik Pujiastuti.


"Kami menyambut gembira kegiatan ini sebagai salah satu ikhtiar agar guru pembina MYRES dan siswa madrasah di Sumatera Barat mendapatkan pengetahuan, bimbingan dan pencerahan dalam melakukan penelitihan khususnya dalam menulis karya ilmiah," ujar H. Helmi.


Ditambahkannya, "salah satu bentuk kegiatan untuk mengembangkan bakat dan minat  peserta didik dalam bidang riset adalah penelitian ilmiah. Pembelajaran riset di madrasah bertujuan untuk mengembangkan sikap ilmiah peserta didik sehingga mampu bersikap dan bertindak berdasarkan proses ilmiah yang tercermin dalam sifat-sifat berpikir kritis, sistematis, rasional, realistis, objektif, jujur, berani, terbuka, toleran, kreatif, dan inovatif.


"Berdasarkan  SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 6757 Tahun 2020 di Provinsi Sumatera Barat telah ditetapkan 49 lembaga sebagai Madrasah Penyelenggara Riset, dengan rincian MA sebnyak 29 lembaga dan MTs sebanyak 20 lembaga, kami berharap semua madrasah yang di SK oleh Dirjen Pendis ini semuanya bergerak dan berproses menjadi pelopor dalam penyelenggaraan riset dan penulisan karya ilmiah di madrasah," jelasnya. 


"Pada tahun 2021, siswa madrasah dari Provinsi Sumatera Barat mengirimkan proposal sebanyak 471 judul dengan rincian MA sebanyak 281 dan MTs sebanyak 190). Namun dalam seleksi proposal secara nasional hasilnya belum begitu mengembirakan, hal ini perlu kita evaluasi dan terus kita lakukan pembinaan dan penguatan. Dan Alhamdulillah tahun2021 untuk Grand Final di Jakarta, Sumatera Barat diwakili oleh Tim MYRES MAN IC Padang Pariaman," tambah H. Helmi dengan rasa bangga.


Dari kegiatan ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi mengharapkan peserta didik beserta guru pembimbingnya mendapatkan pengetahuan, bimbingan dan pencerahan dalam melakukan pelatihan khususnya dalam menulis tentang apa yang mereka lihat sehingga menjadi karya tulisan yang sistematis dan dapat dibaca oleh masyarakat. 


"Ikuti kegiatan ini dengan baik kemudian matangkan dan mantapkan proposal peserta didik sehingga mampu berprestasi lebih baik dalam lomba MYRES Tahun 2022 ini," harap Kakanwil diakhir sambutannya. [hms/DW]

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->