Dinilai Ada Pemborosan Keuangan Negara, Penetapan Pemenang Rekonstruksi Jembatan Sungai Pangkua jadi Sorotan - Go Asianews

Breaking


Friday, April 8, 2022

Dinilai Ada Pemborosan Keuangan Negara, Penetapan Pemenang Rekonstruksi Jembatan Sungai Pangkua jadi Sorotan

 


GoAsianews.com

Solok Selatan (SUMBAR) - Penetapan pemenang  lelang pada paket tender Belanja Modal Jembatan pada Jalan Kabupaten-Rekonstruksi Jembatan Sungai Pangkua Kec.KPGD Kab.Solok Selatan menuai kontroversi dimata publik.


Hal tersebut mengingat, pemenang tender yang telah ditunjuk oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sekretariat Daerah Kab.Solok Selatan tidak mengacu pada kaidah-kaidah penghematan keuangan negara.


LSM AWAK Sumbar merupakan salah satu lembaga yang menyorot kinerja BPBJ Sekretariat Daerah Kab.Solok Selatan ini.


"Penetapan pemenang tender tidak mengacu pada kaidah-kaidah penghematan keuangan negara" ucap Defrianto Tanius ketua LSM AWAK Sumbar (7/04/2022).


"Hal tersebut mengingat PT. LANDSANO JAYA MANDIRI merupakan perusahaan kontraktor diuruttan ke Tujuh (7) penawaran terendah. Dengan artian masih ada Enam (6) perusahaan dibawah yang dirasa mampu melakukan kegiatan tersebut dengan tawaran harga yang lebih menghemat keuangan negara" tegasnya.


Apa dasar-dasar kajian teknis dan administrasi yang dilakukan dan diputuskan oleh tim panitia lelang Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sekretariat Daerah Kab.Solok Selatan yang memenangkan PT. LANDSANO JAYA MANDIRI ini..?, tanya Defrianto.


Secara terpisah, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sekretariat Daerah Kab.Solok Selatan M.Yudi.ST yang dihubungi menjelaskan penempatkan pemenang tender telah melalui mekanisme.


"Penempatkan pemenang tender telah melalui mekanisme uji kelayakan harga" ungkap M.Yudi yang dikonfirmasi melalui selulernya (WhatsApp) 08527401XXXX (7/04).


"Uji kelayakan penawaran harga yang kami lakukan mulai dari yang terendah" paparnya.


M.Yudi juga memastikan bahwa tim lelang / pokja tidak ada main mata dalam melakukan verifikasi pemenang.


Terkait uji kelayakan harga, LSM AWAK Sumbar juga mempertanyakan, sistem seperti apa yang telah dilakukan oleh Pokja dalam melakukan uji kelayakan harga pada paket ini..?, tanya Defrianto.


Sebagaimana diketahui, Kode Tender 1788718 dengan nama paket Belanja Modal Jembatan pada Jalan Kabupaten-Rekonstruksi Jembatan Sungai Pangkua Kec. KPGD Kab.Solok Selatan ini memiliki HPS sebesar Rp. 12.999.901.096,02. dan PT. LANDSANO JAYA MANDIRI ditetapkan sebagai pemenang dengan penawaran harga terkoreksi sebesar Rp. 11.818.604.944,65.

(deni).

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->