Kelok 9, Fly Over Megah Dilereng Bukit Barisan - Go Asianews

Breaking


Friday, March 4, 2022

Kelok 9, Fly Over Megah Dilereng Bukit Barisan

Silahkan lihat videonya...




GoAsianews.com

Limapuluh Kota (SUMBAR) - Taukah anda? , ternyata ruas jalan kelok sembilan yang terletak di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat telah ada jauh sebelum Indonesia merdeka.


Berikut sejarah jembatan kelok 9, yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau.


Ruas jalan Kelok 9 dibangun semasa pemerintahan Hindia Belanda, antara tahun 1908 –1914. Jalan ini meliuk melintasi Bukit Barisan yang memanjang dari utara ke selatan Pulau Sumatra. Jika direntang lurus panjang ruas jalan Kelok Sembilan ini hanya 300 meter, dengan lebar 5 meter dan tinggi sekitar 80 meter.


Seiring meningkatnya volume kendaraan diruas ini, maka pemerintah Republik Indonesia melalui kementerian PUPR melakukan pembangunan pada ruas tersebut.


Dengan konsep tetap mempertahankan histori, pembangunan jalan Kelok 9 mulai dikerjakan pada November tahun 2003.


Jalan kelok sembilan menjadi fly over megah di tengah hutan,  yang memiliki panjang 2.537 meter, terdiri dari enam jembatan dengan panjang 959 meter, dan jalan penghubung sepanjang 1.537 meter dengan ruas jalan selebar 13,5 meter. 


Bentang jembatan pertama memiliki panjang 20 meter, bentang kedua 230 meter, dan bentang ketiga 65 meter. Bentang keempat memiliki panjang 462 meter. Bentang jembatan keempat merupakan jembatan jenis pelengkung beton dengan pondasi bore pile sedalam 20 meter untuk menahan berat jembatan dan gaya horizontal gempa. Bentang jembatan kelima memiliki panjang 31 meter dan bentang keenam 156 meter. 


Dan fly over ini diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono pada Oktober tahun 2013. (deni)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->