Upaya Pembangunan Danau Singkarak, Bupati Eka Putra Jemput Bola ke Kementrian Perhubungan RI - Go Asianews

Breaking


Saturday, October 30, 2021

Upaya Pembangunan Danau Singkarak, Bupati Eka Putra Jemput Bola ke Kementrian Perhubungan RI



GoAsianews.com

Tanah Datar (SUMBAR) – Bupati Tanah Datar Eka Putra  bersama rekan duetnya Richi Aprian terus berupaya mengambil kebijakan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pembangunan di Tanah Datar baik pembangunan fisik maupun non fisik. 


Kali ini mengupayakan pembangunan Danau Singkarak, Bupati Eka Putra jemput bola ke Kementrian Perhubungan RI. Bupati Eka Putra yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda)  Iqbal Ramadi Payana dan Sekretaris Dinas Perhubungan Yessy Akmaliza disambut Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (TSDP) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Junaidi, Selasa kemarin (26/10) di Jakarta.


“Saat ini dermaga di Danau Singkarak yang terletak di Ombilin sudah rusak dan tidak layak digunakan, karenanya tentu di kesempatan ini kita berharap bantuan Pemerintah Pusat, agar dermaga bisa dimanfaatkan lagi. Dermaga yang pernah di bangun tahun 2012 lalu oleh Kementerian Perhubungan RI bisa dibangun kembali baik melanjutkan dermaga lama ataupun membangun baru,” harap Eka.


Eka Putra berharap dengan dibangun dan mengaktifkan kembali dermaga itu, akan bisa dimanfaatkan masyarakat dalam aktivitas keseharian dan juga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung.


Menanggapi harapanPemda Tanah Datar, Direktur TSDP Junaidi mengungkapkan, pembangunan dermaga di danau Singkarak untuk Kabupaten Tanah Datar belum masuk ke dalam Rencana Induk Pembelanjaan Negara (RIPN). 


“Untuk bisa masuk RIPN, ada beberapa persyaratan harus dipenuhi terbagi dalam 2 kelompok tahapan, yakni tahap pra desain dan tahap desain. Seperti studi kelayakan, ketersediaan lahan, sampai ijin lingkungan AMDAL,” terangnya. 


Terkait hal tersebut  Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Tanah Datar Yessy Akmaliza dihubungi Jum’at (29/10/2021) menyampaikan,  bahwa usulan Bupati Tanah Datar kepada  Direktur TSDP akan segera ditindaklanjuti. 


“Dishub selaku leading sektor akan segera lakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan OPD terkait dalam rangka percepatan tindaklanjut pembangunan dermaga, baik dibangun baru ataupun direhab,” ujarnya. 


Namun, tambah Yessy, karena danau Singkarak masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), bisa saja pembangunan dermaga lebih mengarah untuk pengembangan wisata dimana salah satu titiknya di Tanjung Mutiara Nagari Batutaba. (ML)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->