Pentingnya Keberadaan Sanggar Sungai & Taman Edukasi Bencana, BWSS V Padang Lakukan Pemeliharaan Secara Kontinu - Go Asianews

Breaking


Monday, October 18, 2021

Pentingnya Keberadaan Sanggar Sungai & Taman Edukasi Bencana, BWSS V Padang Lakukan Pemeliharaan Secara Kontinu



GoAsianews.com

Padang (SUMBAR) - Selain tempat pemberdayaan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pelestarian sumber daya air. Fungsi  lain dari Sanggar Sungai dan Taman Edukasi Bencana di kawasan Danau Cimpago Kota Padang, Sumatera Barat adalah sebagai sarana sosialisasi budaya sadar bencana.


Edukasi bencana merupakan suatu hal yang penting, sebagai instrumen dalam membangun kapabilitas dan kapasitas masyarakat mempersiapkan diri menghadapi bencana.


Taman ini dilengkapi dengan taman bacaan khusus tentang mitigasi bencana, mural tentang kebencanaan yang dapat menambah wawasan masyarakat terkait kebencanaan.



Diwilayah Indonesia, seperti Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, merupakan salah satu daerah yang rawan bencana, sehingga dalam penanggulangan bencana tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja akan tetapi harus melibatkan multi sektor dunia usaha dan lapisan masyarakat.


Tantangan kebencanaan dari tahun ke tahun semakin berat, karena jumlah bencana akan terus meningkat, yang disebabkan oleh berbagai hal seperti perubahan iklim, yang berpotensi munculnya bencana baru.


Itulah pentingnya membangun budaya sadar bencana berbasis masyarakat. Hal ini menjadi perhatian khusus Direktorat Jenderal SDA Kementrian PUPR, melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang sangat memahami betapa pentingnya keberadaan infrastruktur Sanggar Sungai dan Taman Edukasi Bencana yang berlokasi dikawasan Danau Cimpago Kota Padang ini.


Untuk menjaga kemantapan kondisi infrastruktur dan lingkungan diarea tersebut, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang melalui bidang OP-BWSS V Padang secara berkesinambungan / kontinu melakukan pemeliharaan pada fasilitas khusus ini.


Dari penelusuran media ini dilapangan, terkait upaya pemeliharaan infrastruktur yang telah dilakukan pada tahun kerja 2021 ini, diantaranya yakni perbaikan pada bagian pagar, pembersihan sampah pada bagian Danau, pengecatan, pemotongan rumput dan perbaikan pada fasilitas pendukung lainnya.


Upaya BWSS V Padang ini sangat diapresiasi oleh masyarakat kota Padang, Sebagaimana yang sampaikan Defrianto Tanius (Alumni Jitupasna 2019 & 2021).


"Secara berkesinambungan, BWSS V Padang telah melakukan pemeliharaan pada fasilitas khusus ini"


"Dan kami sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh BWSS V Padang tersebut, agar keberadaan fasilitas Sanggar Sungai dan Taman Edukasi Bencana di kawasan Danau Cimpago Kota Padang ini selalu fungsional" ucap Defrianto (18/10/2021).


Defrianto berharap, kegiatan pemeliharaan fasilitas yang ada disepanjang lokasi Sanggar Sungai dan Taman Edukasi Bencana di kawasan Danau Cimpago Kota Padang ini selalu dianggarkan oleh BWSS V Padang tiap tahunnya.


Jitupasna (Pengkajian Kebutuhan Pascabencana) merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dimotori oleh BPBD Sumbar, yang mana kegiatan tersebut merupakan ajang pembekalan dan pelatihan terkait pengkajian dan penilaian akibat, analisis dampak, perkiraan kebutuhan, dan rekomendasi awal terhadap strategi pemulihan, yang menjadi dasar penyusunan Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana. (deni)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->