Sebagai Urat Nadi Perekonomian", Fathol Bahri Pastikan Jalan Provinsi Dalam Kondisi Fungsional - Go Asianews

Breaking

Wednesday, September 23, 2020

Sebagai Urat Nadi Perekonomian", Fathol Bahri Pastikan Jalan Provinsi Dalam Kondisi Fungsional

Nasrul Abit (Wakil Gubernur Prov.Sumbar) bersama Fathol Bahri (Kadis PUPR Prov.Sumbar)


GoAsianews.com

Padang (SUMBAR) - Tujuan pemeliharaan jalan adalah untuk mempertahankan kondisi jalan mantap sesuai dengan tingkat pelayanan dan kemampuannya pada saat jalan tersebut selesai dibangun dan dioperasikan sampai dengan tercapainya umur rencana yang telah ditentukan. 


Peraturan yang digunakan dalam Pemeliharaan jalan antaralain, PP 34 tahun 2006 Tentang Jalan, Permen PU Nomor 13/PRT/M/2011, Tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan.


Ruas jalan Matur - Palambayan yang membentang di wilayah Kabupaten Agam memerupakan salah satu ruas perlintasan yang berstatus jalan Provinsi.



Perlintasan yang didominasi oleh daerah perbukitan membuat ruas Matur - Palambayan menjadi salah titik daerah rawan longsor saat musim penghujan.


Dinas PUPR Prov.Sumbar selaku ujung tombak pembangunan dan penanganan terkait stabilitas jalan, Fathol Bahri Kepala Dinas PUPR Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memastikan stabilitas setiap ruas jalan Provinsi akan selalu dijaga dalam kondisi fungsional.


"Jalan yang baru selesai  dibangun harus selalu dijaga dan dipelihara setiap saat agar tetap dalam kondisi fungsional, karena setiap hari jalan tersebut dipakai oleh pemakai jalan ( roda 2 dan 4) yaitu dengan cara melakukan pemeliharaan rutin dan pemeliharaan berkala" ungkapnya pada GoAsinews.com (Rabu 23/09/2020).


Lebih lanjut Fathol memaparkan "pemeliharaan rutin ini dilakukan tiap tahun" jelasnya. 


"Kegiatan yang termasuk kedalam pemeliharaan rutin adalah pembersihan semak kanan kiri jalan pembersihan saluran, pemotongan/penimbunan bahu jalan dan perbaikan perkerasan jalan karena berlubang atau amblas, gunanya agar pemakai jalan merasa nyaman melalui jalan tersebut".


Terkait penanganan pada pemeliharaan berkala Fathol menjelaskan, "pemeliharaan berkala biasanya dilakukan pada umur jalan 3-5 tahun dengan cara melakukan pelapisan ulang aspal ( overlay), tergantung kondisi jalan nya". 


"Fungsinya adalah untuk mempertahankan kondisi jalan agar umur jalan terjaga sesuai umur rencana jalan yg ditentukan" jelas Fathol.

(deni)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->