Berikut Profil Singkat 4 Paslon yang Berlaga di Pilgub Sumbar 2020 - Go Asianews

Breaking

Link Lintas Informasi..., Geser Kebawah Untuk Barita Utama...⏬

Monday, September 7, 2020

Berikut Profil Singkat 4 Paslon yang Berlaga di Pilgub Sumbar 2020


Goasianews.com
Padang (SUMBAR) - Sebanyak 4 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, pada 4-6 September 2020. 

Empat paslon tersebut dinyatakan telah lengkap persyaratannya dan tinggal menunggu verifikasi KPU. "Ada empat pasangan yang mendaftar yaitu Mahyeldi-Audy Joinaldy, Nasrul Abit-Indra Catri, Fakhrizal-Genius Umar dan Mulyadi-Ali Mukhni," kata Ketua KPU Sumbar Amnasmen saat dihubungi Senin (7/9/2020)

Berikut profil singkat empat paslon yang mendaftar: 

1. Mahyeldi-Audy Joinaldy 

Mahyeldi dan Audy merupakan paslon pertama yang mendaftar ke KPU Sumbar pada Jumat (4/9/2020). 

Mereka diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan kekuatan 14 kursi di DPRD Sumbar. Mereka telah memenuhi persyaratan minimal 13 kursi di DPRD, yakni PKS dengan 10 kursi dan PPP dengan 4 kursi.

Mahyeldi merupakan politisi PKS yang sudah menjabat dua periode sebagai Wali Kota Padang. Saat ini, Mahyeldi masih aktif sebagai Wali Kota. Sementara Audy Joinaldy adalah kader PPP yang merupakan seorang pengusaha sukses di rantau dan ingin mengabdi di kampung halamannya.

2. Nasrul Abit dan Indra Catri 

Nasrul Abit dan Indra Catri merupakan pasangan yang diusung satu partai saja yaitu Gerindra. Gerindra sebagai partai pemenang di Pemilihan Legislatif 2019 lalu memiliki 14 kursi dan bisa mengusung sendiri untuk paslon gubernur dan wakil gubernur. 

Hal itu dibuktikan Gerindra dengan mengusung Nasrul Abit-Indra Catri tanpa ada koalisi dengan partai lain. Nasrul Abit saat ini merupakan Ketua Dewan Pembina Gerindra Sumbar. 

Sebelumnya, dia sebagai Ketua DPD Gerindra dan digantikan oleh Andre Rosiade. Nasrul Abit adalah birokrat senior yang meniti karir mulai dari Wakil Bupati dan Bupati Pesisir Selatan dua periode dan saat ini sebagai Wakil Gubernur Sumbar. 

Sementara itu, calon wakilnya, Indra Catri, juga seorang birokrat yang pernah bertugas sebagai kepala dinas di Padang. Kemudian, dia menjadi Bupati Agam dua periode. Saat ini, dia masih aktif sebagai Bupati.

3. Fakhrizal dan Genius Umar 

Pasangan Fakhrizal dan Genius Umar ini diusung koalisi tiga partai yaitu Golkar, Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Koalisi ini memiliki 14 kursi di DPRD Sumbar, yaitu Golkar 8 kursi, Nasdem 3 kursi dan PKB 3 kursi. Sebelumnya, Fakhrizal-Genius Umar sudah mencoba mendaftar melalui jalur perseorangan, namun gagal karena kurang syarat dukungan. Kemudian, berkat dukungan koalisi tiga partai yang dinamakan Poros Baru ini, akhirnya Fakhrizal-Genius Umar bisa mendaftar ke KPU Sumbar. 

Fakhrizal merupakan jenderal polisi bintang dua yang saat ini bertugas di Markas Besar (Mabes) Polri. Sebelumnya, Fakhrizal merupakan Kapolda Sumbar yang sudah banyak bersentuhan dengan masyarakat Sumbar.

Keinginan Fakhrizal untuk membangun Sumbar sangat kuat, kendati dia harus pensiun dini dari kepolisian. Sementara itu. 

Genius Umar adalah seorang birokrat yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Pariaman. 

Sebelumnya, Genius adalah Wakil Wali Kota Pariaman. Pasangan ini dinilai sudah sehati, sebab mereka sudah bersama-sama sejak mencoba maju dari jalur perseorangan hingga mendaftar melalui koalisi partai Poros Baru.

4. Mulyadi dan Ali Mukhni 

Pasangan Mulyadi dan Ali Mukhni diusung Demokrat dan PAN yang sama-sama mendapatkan 10 kursi di DPRD Sumbar. 

Awalnya, Mulyadi dan Ali Mukhni juga mendapat dukungan dari PDI-P dan diumumkan langsung oleh Ketua DPP PDI-P Puan Maharani. 

Hanya saja, karena pernyataan Puan yang menyebut "Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila," membuat paslon ini tidak mengambil dukungan PDI-P. 

Mulyadi adalah anggota DPR RI asal Sumbar tiga periode hingga saat ini. Mulyadi merupakan kader Demokrat yang saat ini juga sebagai Ketua DPD Demokrat Sumbar. 

Sedangkan, Ali Mukhni adalah birokrat senior yang menjabat sebagai Bupati Padang Pariaman dua periode. Sebelumnya, dia juga Wakil Bupati Padang Pariaman. Ali Mukhni merupakan kader PAN. 

Dia merupakan mantan Ketua DPW PAN Sumbar sebelum diambil alih oleh Indra Dt Rajolelo pada periode 2020 ini. (PP)


No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->