Kesenian Reog Ponorogo Dan Tarian Nusantara Pukau Ratusan Ribu Warga Hiroshima - Go Asianews

Breaking


Tuesday, May 8, 2018

Kesenian Reog Ponorogo Dan Tarian Nusantara Pukau Ratusan Ribu Warga Hiroshima


Goasianews.com
Hiroshima (Jepang) - Beragam seni budaya Indonesia diperkenalkan kepada ratusan ribu warga Hiroshima pada perhelatan Hiroshima Flower Festival (HFF), 3-5 Mei 2018. Tim kesenian Reog Ponorogo dan Tarian Pulau Kemaro bahkan didatangkan langsung dari Indonesia masing-masing oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.  Selain itu, sejumlah tarian Nusantara yaitu Nawang Sekar (Jawa Tengah), Gemufamire (NTT), dan Enggan (Kalimantan Timur) serta musik Angklung (Jawa Barat) juga ditampilkan di HFF 2018 oleh Persatuan Pelajar Indonesia di Hiroshima.

Delegasi seni budaya Indonesia yang dipimpin oleh Wakil Kepala Perwakilan RI di Tokyo, Konsul Jenderal RI Osaka dan Bupati Ponorogo diperkenalkan kepada publik Hiroshima melalui parade pembukaan HFF 2018 yang dilaksanakan pada 3 Mei 2018. Keunikan dan kekhasan budaya tradisional Indonesia, khususnya yang ditampilkan oleh tim seni Reog Ponorogo dan Sumatera Selatan memukau perhatian pengunjung baik saat di parade maupun di panggung penampilan.

Selain seni budaya, juga dipromosikan Asian Games 2018 ( di Jakarta dan Palembang) dan destinasi pariwisata di Palembang selaku tuan rumah ajang olah raga terbesar di kawasan Asia melalui eksibisi di booth. Sebagai salah satu kontingen yang akan berkompetisi, Jepang diharapkan dapat menjadi salah satu sumber wisatawan mancanegara selama perhelatan Asian Games 2018 terutama di Palembang.

Indonesia berpartisipasi pada HFF 2018 dalam rangka memeriahkan peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang (1958-2018). HFF merupakan salah satu festival tahunan terbesar di Jepang barat yang telah berlangsung selama 4 dekade terakhir dan dihadiri oleh hampir sejuta pengunjung. Melalui kehadiran tim seni budaya Indonesia di Hiroshima, pemahaman terhadap budaya masing-masing negara dapat terus diperdalam. Seiring dengan peningkatan pemahaman lintas budaya, jalinan kontak dan kerjasama di antara masyarakat kedua negara diharapkan dapat terus berkembang. (Sumber:KJRI Osaka)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->