Lindungi Hak TKI, Kemlu Tandatangani Kerjasama Dengan Justice Without Border - Go Asianews

Breaking

Geser Kebawah Untuk Berita Utama...⏬

Thursday, December 21, 2017

Lindungi Hak TKI, Kemlu Tandatangani Kerjasama Dengan Justice Without Border


Goasinews.com
Jakarta - Kemlu menadatangani perjanjian kerjasama dengan sebuah organisasi nirlaba, Justice Without Border (JWB), Jakarta (19/12). Penandatanganan tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Migran, 18 Desember.

Penandatanganan dilakukan di Kementerian Luar Negeri oleh Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri, Andri Hadi, dengan Direktur Eksekutif Justice Withour Border (JWB), Douglas MacLean.

Perjanjian kerjasama tersebut meliputi antara lain penyediaan pengacara pro bono (tidak berbayar) untuk memberikan bantuan hukum bagi TKI yang menghadapi permasalahan di luar negeri, dimulai dari Singapura dan Hong Kong.

Kerjasama juga meliputi upaya penguatan kapasitas staf di Perwakilan Indonesia oleh para lawyer setempat mengenai cara-cara memperjuangkan hak-hak TKI yang memiliki masalah dengan majikan.

Melalui kerjasama dengan Justice Withour Border ini diharapkan penanganan kasus-kasus ketenagakerjaan dapat dilakukan bersama dengan pengacara-pengacara pro bono. Sementara penanganan kasus-kasus pidana berat dapat dilakukan oleh pengacara yang direkrut oleh Perwakilan RI.

“Ini adalah bagian dari strategi Kemlu untuk menjadikan upaya perlindungan WNI cost-effective dan lebih fokus. Bagi JWB sendiri ini adalah kerjasama pertama yang mereka tandatangani dengan Pemerintah", ujar Andri Hadi, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler, menjelaskan latar belakang penandatanganan kerjasama tersebut.

Hingga saat ini diperkirakan terdapat sekitar 150 ribu TKI bekerja di Hong Kong dan sekitar 70 ribu lainnya bekerja di Singapura. Sepanjang tahun 2017, terdapat 135 kasus TKI di Hongkong dan 1.540 Kasus TKI di Singapura. ​


#sumber: Dit PWNI

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->