Endrizal : Dinas Perdagangan Siap Sonsong Program Kerja 2018 - Go Asianews

Breaking

Link Lintas Informasi..., Geser Kebawah Untuk Barita Utama...⏬

Friday, December 22, 2017

Endrizal : Dinas Perdagangan Siap Sonsong Program Kerja 2018

Endrizal, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang


Goasianews.com
Padang (SUMBAR)
  - Keberhasilan dalam melahirkan sebuah program kerja, tentu tak lepas dari  kesensitifan seorang Kepala Daerah dalam mencerna permasalahan yang ada pada masyarakatnya.

Karena  kesensitifan ini merupakan bagian dari sebuah rasa tanggungjawab dan kepedulian seorang pemimpin terhadap masyarakat yang Ia pimpin. Jika itu berjalan.., maka disinilah orang itu dinyatakan Ia seorang Pemimpin, dan bukan seorang pemimpi.

Dan keberhasilan dalam menjalankan program kerja yang telah di lahirkan, tentu tak lepas dari dukungan dan  peran aktif dari sosok-sosok handal  dan berintegritas tinggi yang ada dalam jajaran stuktur kepemimpinan Daerah tersebut, yang biasa di sebut OPD.

Dinas Perdagangan Kota Padang, merupakan salah satu OPD  yang terkadang mendapat sorotan tajam dalam melaksakan program kerjanya, seperti saat-saat melakukan penertiban pedagang pasar.

Namun tak bisa di pungkiri, kepiawaian Endrizal sebagai nahkoda dalam Dinas tersebut patut di beri acungan  jempol. Kesuksesan dalam pelaksanaan  program-program kerja yang ada pada Tahun  ini telah banyak membuahkan hasil.

Endrizal, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang yang membawahi tiga bidang ini kepada Goasianews.com  (21/12) di ruang kerjanya menjelaskan “Dapat dilihat tahap demi tahapan Revitalisasi pembangunan Pasar  terus di pacu, dan penataan pedagang terus di jalankan  demi  terwujutnya  Pasar   yang  nyaman “ungkapnya

“Seperti yang di lakukan di lingkungan komplek pasar raya padang, pasar Balimbiang, pasar Steba, pasar Lubuk Buaya, dan pasar Banda buat. Pembangunan dan penataan pedagang ini merupakan bagian dari Bidang Sarana Perdagangan yang ada dalam Dinas Perdagangan”.

“Dan pada Bidang Bina Usaha dan Pelaku Distribusi, kami Dinas Perdagangan terus berupaya dalam pengendalian inflasi. dan menciptakan lahan-lahan baru untuk berdagang bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) seperti lokasi Kuliner Malam yang berada di Simpang Kandang Pasar Raya baru-baru ini, dan kami akan selalu melakukan inofasi-inofasi baru demi meningkatkan perekonomian masyarakat kota padang”.

“Dalam melakukan pengawasan serta menjaga stabilitas harga, Dinas Perdagangan juga berupaya melakukan mencegah penimbunan barang di tingkat distributor, dengan cara melakukan sidak lansung ke gudang-gudang milik mereka.

Serta melakukan penindakkan, berupa teguran dan sangsi terhadap oknum-oknum pemilik usaha yang melakukan kecurang, seperti dalam penyalahgunaan LPG 3 KG, karena pemerintah telah menetapkan kelompok usaha  yang berhak menggunakannya, dan Dinas Perdagangan juga melakukan tera ulang terhadap SPBU – SPBU yang ada di kota Padang.

Selain penataan pedagang dalam berjualan di lingkungan pasar, dinas juga melakukan himbauan terhadap mereka untuk  selalu menjaga kebersihan lingkungan pasar,  agar pengunjung (pembeli) nyaman, karena kenyamanan pengunjung tersebut juga akan berimbas terhapap mereka para pedagang, dan ini merupakan beberapa contoh yang dilakukan Dinas Perdaganga di  Bidang pengawasan dan stabilisasi harga”, jelas Endrizal.

Tantangan Terberat dan Berkesan 
Saat Goasianews.com menanyakan ‘apa hal terberat dan berkesan yang di lalui oleh Dinas Perdagangan dalam menjalankan program kerja Tahun 2017 ini’, sembari tersenyum Endrizal menjawab “dalam menjalankan sebuh program kerja yang bersentuhan lansung dengan masyarakat banyak sudah pasti ada tantanganya, apa lagi sebuah pasar, bermacam elemen masyarakat berkumpul di sini, sosial, dan latar belakang yang bebeda menyatu, untuk memperjuangkan kepentingan ekonomi keluarga” ungkap Endrizal.

“Namun berkat pendekatan dari hati ke hati serta musyawarah yang kita lakukan, Alhamdulillah secara berlahan semuanya dapat berjalan dengan baik.

“Hal yang paling berkesan adalah saat penertiban dan pemindahan pedagang yang ada di pasar Bandabuek di kecamatan Lubuak Kilangan, para pedagang sampai lima kali naik turun, mereka lebih cenderung  memilih berjualan dibawah hingga memakan bahu jalan, ketimbang di atas bangunan yang telah di sediakan.

Setelah di beri masukan serta musyawarah dan melalui pernyatan perjanjian bersama antara pedagang yang di dukung oleh dinas, akhirnya semua sepakat untuk berjualan di tempat yang telah di sediakan.

Selain itu, mempertahankan penataan pasar Lubuk Buaya yang telah terbentuk, ini sungguh-sungguh perjuangan yang luar biasa, dan saya sangat mengucapkan terimakasih kepada seluruh personil Dinas Perdagangan serta dukungan dari OPD lainnya yang telah banyak membantu, ungkapnya.
Kuliner Malam, kawasan Simpang Kandang Pasar Raya
Dan menyulap kawasan kumuh simpang kandang pasar raya menjadi lokasi kuliner malam, itu sebuah hasil yang sungguh manis dan luar bisa, karena danpak manfaatnya lansung ternikmati oleh para pelaku usaha kecil”, ucap sosok yang berperawakan tenang ini.

Penuh rasa optimis Endrizal menambahkan “Inyallah kita siap untuk menyonsong program kerja tahun 2018, dengan bebekal pengalaman di tahun ini, semoga roda perekonomian masyarakat  kota padang terus berjalan baik dan lancar, harapnya.


#deni

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->