"Plus dalam Progres" PPK-s01 Dewi apresiasi kinerja PT.CKPS - Go Asianews

Breaking

Tuesday, November 6, 2018

"Plus dalam Progres" PPK-s01 Dewi apresiasi kinerja PT.CKPS


Goasianews.com
Padang (SUMBAR) – Sesuai dengan Peraturan Menteri PU Nomor 13/PRT/M/2011 tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan, preservasi/pemeliharaan jalan adalah kegiatan penanganan jalan, berupa pencegahan, perawatan, dan perbaikan yang diperlukan untuk mempertahankan kondisi jalan agar tetap berfungsi secara optimal melayani lalu lintas sehingga umur rencana yang ditetapkan dapat tercapai. 

Preservasi jalan dilakukan untuk menjaga kondisi jalan dalam pelayanan standar dan mantap. Kegiatan preservasi jalan terdiri dari pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, rehabilitasi, dan rekonstruksi jalan dan bangunan pelengkap jalan.

Berkaitan dengan istilah Long Segment, Long Segment merupakan kegiatan preservasi jalan dalam batasan satu panjang segmen yang menerus (bisa lebih dari satu ruas) yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan kondisi jalan yang seragam yaitu jalan mantap dan standar sepanjang segmen. 

Long Segment mulai diterapkan di tahun anggaran 2016 untuk pemaketan penanganan preservasi ruas jalan nasional. Ruang lingkup pekerjaan Long Segment terdiri dari pelebaran jalan (menuju standar), rekonstruksi jalan, rehabilitasi jalan, pemeliharaan preventif jalan, pemeliharaan rutin jalan, dan pemeliharaan rutin jembatan. 

Kegiatan Long Segment ini dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Marga No.09/SE/Db/2015 tentang Standar Dokumen Pengadaan Pekerjaan Preservasi Jalan untuk Pemaketan Secara Long Segment.

Skema Long Segment adalah membagi panjang jalan nasional dalam segment panjang 50 km – 150 km dengan memperhatikan rentang kendali PPK sebagai manajer ruas.


Satuan Kerja Perangkat  Dinas Prasarana Jalan Provinsi Sumatera Barat secara berkesinambungan melakukan pemeliharaan rutin jalan dan jembatan yang ada di Sumbar.

Dewi (PPK – S 01) Satker SKPD Prov Sumbar pada Goasianews.com  Selasa (6/11/2018) di ruang kerjanya menjelaskan, pada tahun 2018 ini, salah satu kegiatan Long Segment yang ada dalam pengawasannya adalah pemeliharaan jalan dan jembatan yang dilakukan pada wilayah Kota Padang, Pariaman dan Bukittinggi, dengan panjang jalan 95,70 Kilometer (Km) sedangkan untuk pemeliharaan jembatan sepanjang 969,70 meter, terangnya.

Lebih lanjut di jelaskan “kegiatan preservasi rutin SKPD Provinsi Sumbar (pemeliharaan jalan dan jembatan) ini berasal dari dana APBN TA.2018, dengan alokasi dana sebesar Rp6.107.520.000. dengan rincian, untuk Pemeliharaan Rutin Jalan menelan dana sebesar Rp5.157.020.000. dan untuk pemeliharaan rutin jembatan menelan biaya sebesar Rp950.500.000,”

“Saat ini kegiatannya tengah berjalan, yang dikerjakan oleh PT. Citra Karya Pelayanan Sejati (CKPS) dengan waktu pelaksanaan selama 330 hari kalender. dengan nilai kontrak sebesar Rp4,988 Milyar,”

“Aitem pemeliharaan rutin jembatan meliputi pembersihan rumput disekitar ABT, penumpukan sampah pada pilar penyumbatan di deck drainase, perbaikan sambungan Siar Muai dan pengecatan pada pipa sandaran yang sudah karatan”.

“Kegiatan Long Segment yang dikerjakan oleh PT. Citra Karya Pelayanan Sejati (CKPS) ini telah memasuki minggu ke 39, dengan progres 88%. Jika di hitung dari skedulnya kegiatan ini berada pada posisi plus 5 %. Posisi plus dalam progres tentu saja patut di apresiasi “, ucap Dewi.

Dewi juga menjelaskan, Satker SKPD Dinas Prasarana Jalan Prov Sumbar turut mendukung penuh Evant TDS 2018 yang saat ini tengah berlansung, dan memastikan ruas jalur yang ada pada kegiatan Long Segment ini bebas dari lobang”, tegasnya.

# deni

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->