Sukseskan Pemilu 2024, Warung Kerukunan Lintas Agama - KPU Tandatangani MoU - Go Asianews

Breaking


Saturday, October 21, 2023

Sukseskan Pemilu 2024, Warung Kerukunan Lintas Agama - KPU Tandatangani MoU



GoAsianews.com
Jakarta
– Dukungan untuk suksesnya Pemilu 2024 kembali mengalir untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU). Terbaru, Jumat (20/10/2023), KPU menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Panitia Talkshow dan Warung Kerukunan Lintas Agama Indonesia Bangkit, di Masjid Istiqlal.


Penandatanganan dilakukan Ketua KPU Hasyim Asy’ari bersama Panitia Talkshow dan Warung Kerukunan Lintas Agama Indonesia Bangkit Prof Nasaruddin Umar.


Hasyim mengawali sambutan dengan menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang terjalin. Menurut dia tanpa adanya penandatangan ini sesungguhnya kerja sama informal telah ada antara KPU dengan para tokoh agama. “Ini formalitas saja. Tapi ini (MoU) penting bagi kita semua,” kata Hasyim.


Hasyim pun mengungkap, pada periode awal menjabat di KPU, upaya untuk menjalin hubungan dengan organisasi keagamaan di Tanah Air juga telah dilakukan. Yakni dengan mendatangi kantor-kantor organisasi keagamaan. “Kami sudah bersilaturahmi dengan pimpinan organisasi keagamaan PBNU, Muhammadiyah, PGI, KWI, MATAKIN,yang belum memang Walubi. Tapi melalui forum ini kita sudah tercakup disini forum lintas agama untuk Indonesia Bangkit,” ucap Hasyim.


Hasyim pun bersyukur dengan komitmen tokoh agama mendukung suksesnya pemilu, mengingat Indonesia memiliki ragam suku agama dan kepercayaan, hingga etnis dan budaya. “Pada kesempatan ini kita sekali lagi patut bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas kesepahaman di antara kita. KPU, KPU provinsi, KPU kab/kota (juga akan menindaklanjuti) sehingga rentang kerja kita juga termasuk besar,” tutur Hasyim.


Sementara itu Prof Nasaruddin Umar yang juga Imam Besar Masjid Istiqlal, memastikan, melalui forum yang dipimpinnya akan mendukung KPU menyukseskan Pemilu 2024. “Kami membackup KPU sesuai kapasitas kami, kenapa karena tujuan dan visi kita sama bagaimana menciptakan kedamaian umat,” ungkapnya.


Secara khusus dia juga sepakat tempat ibadah tidak dijadikan lokasi kegiatan politik. “Jadi bagi kami cara paling efektif untuk menjadikan rumah ibadah itu steril dari kegiatan politik praktis ya kita himpun tokoh-tokohnya, disinilah wadahnya,” tambah dia.


Turut mendampingi, dari Setjen KPU, Plt Deputi Bidang Administrasi Suryadi serta Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Cahyo Ariawan. (humas kpu dianR/foto: idan/ed diR)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->