"Sirih Cina", Ternyata Rumput Liar ini Miliki Khasiat yang Bagus untuk Kesehatan - Go Asianews

Breaking


Thursday, October 5, 2023

"Sirih Cina", Ternyata Rumput Liar ini Miliki Khasiat yang Bagus untuk Kesehatan



Meski termasuk golongan rumput liar, manfaat daun sirih cina ternyata cukup banyak untuk menjaga kesehatan tubuh. Orang-orang terdahulu pun sering mengandalkannya untuk pengobatan herbal.”

GoAsianews.com
Jakarta
– Daun sirih cina merupakan salah satu jenis rumput liar yang banyak tumbuh di tanah, celah batu, dan sekitar hutan. Sirih cina memiliki karakteristik unik pada daunnya yang hijau berkilauan. Meski termasuk golongan rumput liar, manfaat sirih cina nyatanya sangat banyak dan baik untuk kesehatan tubuh.


Banyak orang yang masih menyepelekan manfaat sirih cina. Padahal, daun ini ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tidak heran bahwa orang-orang terdahulu sering mengandalkan manfaat sirih cina untuk pengobatan herbal.


Daun sirih cina mengandung agen anti-kanker, antioksidan kuat, dan anti-inflamasi. Daun ini juga mengandung beberapa zat yang bergizi seperti protein, karbohidrat, kalsium, lemak, zat besi, dan kandungan bergizi lainnya. Karena kandungan inilah, daun sirih cina sering dijadikan obat herbal. 


Nah, berikut ini beberapa manfaat sirih cina untuk kesehatan:


1. Mengobati Rheumatoid Arthritis 

Rebusan yang diekstrak dari batang dan daun sirih cina segar dapat diminum pagi dan malam hari selama beberapa hari tertentu untuk mengatasi rheumatoid arthritis. Namun perawatan harus dilakukan jika terjadi efek samping dalam waktu singkat setelah dikonsumsi.


2. Mencegah Kanker

Daun sirih cina memiliki kandungan Peperomia E yang baik yang telah terbukti dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Ekstrak dari daun sirih cina juga telah terbukti memiliki agen anti kanker yang cukup baik. 


Ekstrak daun sirih ditemukan dapat menghambat pertumbuhan berbagai patogen dan bakteri yang  telah menghambat 30 persen DPPH (2, 2-diphenyl-1-picrylhydrazyl) radikal bebas. DPPH adalah bubuk kristal berwarna gelap yang terdiri dari molekul radikal bebas yang stabil.


3. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Saluran pencernaan secara efektif dapat dilindungi oleh daun sirih cina. Ekstrak daun sirih Cina telah terbukti dapat mencegah kerusakan pada mukosa lambung, lapisan selaput lendir yang menampung kelenjar dan lubang gastrointestinal. Daun sirih cina dapat digunakan sebagai obat herbal alternatif jika kamu menderita masalah kesehatan terkait pencernaan.


4. Mempercepat Pemulihan Patah Tulang

Kandungan air dari daun sirih cina dapat mempercepat pemulihan patah tulang jika dioleskan di sekitar tulang yang terdampak. Hal ini telah terbukti bekerja secara efisien sebab adanya kandungan mineral yang terdapat pada daun sirih cina. 


5. Mengobati Asam Urat

Daun sirih cina sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi gejala asam urat. Sebuah uji laboratorium dilakukan pada tikus yang menghasilkan bahwa tikus yang diberi ekstrak daun sirih cina memiliki kadar asam urat darah yang 44 persen lebih rendah. 


Berdasarkan hasil penelitian ini, jelas bahwa daun sirih cina mengandung zat yang dapat digunakan sebagai obat herbal alternatif untuk menurunkan kadar asam urat.


6. Menurunkan Tingkat Kolesterol dalam Darah

Kebanyakan orang sangat menjaga tingkat kolesterol dalam darah mereka. Oleh karena itu, orang dewasa akan lebih menjaga pola hidup sehat agar kadar kolesterol tidak naik.


Nah, salah satu cara alternatif adalah dengan meminum rebusan daun sirih cina. Dengan mengonsumsi ekstrak daun sirih cina dalam dosis yang sesuai, ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya.


Sumber: halodoc

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->