Pasca Penghamparan Hotmix, Hasil perkerjaa DAU Paket 3 Kab.Padang Pariaman Ditemukan Keretakan - Go Asianews

Breaking


Monday, October 30, 2023

Pasca Penghamparan Hotmix, Hasil perkerjaa DAU Paket 3 Kab.Padang Pariaman Ditemukan Keretakan



GoAsianews.com
Kab.Padang Pariaman (SUMBAR) -

Dinas PUPR Kab.Padang Pariaman perlu melakukan peninjauan ulang terkait kualitas perkerjaan pada paket kegiatan Peningkatan Jalan Hotmix DAU Paket 3 (Tiga). Hal tersebut dipicu karena ditemukannya keretakan pada badan jalan yang baru saja dilakukan penghamparan Hotmix.


Dari penelusuran tim media ini, kondisi tersebut terlihat pada ruas jalan Manggopoh, Sabtu (28/10/2023).


Sebagaimana diketahui, sebahagian ruas tersebut baru saja selesai dilakukan penghamparan Hotmix satu hari sebelumnya.

Hamparan lapisan pondasi atas (base course) yang telah disirami Prime coat pada ruas jalan Manggopoh. (Dok: 28/10/2023).


Agar tercapainya kualitas dan kuantitas hasil pelaksanaan sesuai rencana, peninjauan ulang terkait kualitas perkerjaan mesti dilakukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Padang Pariaman. Hal tersebut diutarakan oleh pemerhati konstruksi, Jonhedri, Senin (30/10).


"Harus ada peninjauan ulang, terutama pada item lapisan pondasi atas (base course)" ucapnya.


"Yakni terkait Ketebalan, Kepadatan dan Janis material yang digunakan pada lapisan pondasi atas (base course) tersebut" tambahnya.


Lebih lanjut Jonhedri menambahkan, "Keretakan (meski kecil), namun kondisi ini akan menjadi celah terjadinya kerusakan besar. Karena bagian yang retak akan menjadi celah rembesan air, dan kondisi ini akan membuat rapuh lapisan-lapisan jalan. 


"Dan tingkat kepadatan base yang tidak sesuai standar juga akan memicu terjadinya "Rutting" pada badan jalan.


Terkait kondisi tersebut, Kepala Dinas PUPR Kab.Padang Pariaman El Abdes Arsyam mengucapkan terimakasih atas informasi yang telah disampaikan.


"Terimakasih informasinya, tim kami akan cros cek kelapangan," tulis El Abdes Arsyam yang dikonfirmasi melalui selulernya / WhatsApp (08238536xxxx), Senin (30/10).


Lebih lanjut El Abdes menegaskan, "apabila terjadi ketidak sesuaian spek, akan kita suruh bongkar dan diperbaiki" tegasnya.


Terkait ketebalan hamparan Hotmix dan base/pondasi, Kadis PUPR Kabupaten Padang Pariaman, El Abdes menjelaskan akan melakukan pengujian (core drill) secara menyeluruh pada setiap titik-titik ruas yang terkontrak sebelum dilakukan pembayaran.


Sebagaimana diketahui, kegiatan Peningkatan Jalan Hotmix DAU Paket 3 (Tiga) ini memiliki titik kegiatan sebanyak 23 ruas, dengan nilai terkontrak Rp.8.368.711.664,00. dan dilaksanakan oleh PT.Karyatama Sarana Konstruksi selaku perusahaan kontraktor pelaksana, dan CV.Putra Cipta Mandiri Konsultant selaku supervisi. (dn/tim)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->