AS akan Bantu Wartawan Seluruh Dunia Melawan Ancaman Hukum - Go Asianews

Breaking


Thursday, May 4, 2023

AS akan Bantu Wartawan Seluruh Dunia Melawan Ancaman Hukum



GoAsianews.com
Amerika Serikat, Selasa, 2 Mei 2023, meluncurkan program untuk membela wartawan di seluruh dunia dari ancaman hukum yang bertujuan membungkam suara-suara kritis, sebuah taktik yang sedang berkembang yang digambarkan oleh pejabat tinggi bantuan AS Samantha Power sebagai "lawfare" (menggunakan hukum sebagai senjata).


Power, administrator U.S. Agency for International Development (USAID), mengumumkan program Reporters Shield pada acara untuk menandai Hari Kebebasan Pers Dunia di Perserikatan Bangsa-Bangsa.


"Banyak media independen tidak mampu untuk dituntut, sehingga mereka tersingkir dari bisnis atau mencoba menyensor diri sendiri untuk menghindari menarik minat orang-orang yang mungkin menargetkan mereka," katanya. "Pemimpin korup mengetahui semua ini, itulah sebabnya mereka semakin sering menggunakan hukum."


USAID mengatakan pihaknya berencana untuk bekerja sama dengan Kongres untuk menyediakan hingga $9 juta untuk program Reporters Shield yang akan dikelola bersama oleh Proyek Pelaporan Kejahatan Terorganisir dan Korupsi dan Pusat Keadilan Internasional Cyrus R. Vance.


"Untuk melawan lawfare, jurnalis dan media berita membutuhkan perlindungan yang kuat, mereka membutuhkan pelatihan tentang bagaimana menghindari tuntutan hukum sama sekali, mereka membutuhkan sumber daya untuk menyewa pengacara dan menutupi biaya hukum," kata Power.


USAID mengatakan Reporters Shield akan menjadi program keanggotaan dan organisasi akan membayar biaya tahunan berdasarkan faktor-faktor seperti lokasi media dan berapa banyak cerita yang mereka hasilkan dalam setahun.


Sumber: REUTERS

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->