IKW-RI Eksekusi Empat Tokoh Penting Sumbar dengan Penghargaan - Go Asianews

Breaking


Tuesday, December 13, 2022

IKW-RI Eksekusi Empat Tokoh Penting Sumbar dengan Penghargaan



GoAsianews.com

Padang (SUMBAR) - Dieksekusinya empat tokoh penting Sumatera Barat dengan penghargaan menjadi rangkaian agenda MUBES IKW-RI ke-V Tahun 2022, yang dilaksanakan pada Sabtu 10/12 kemarin.


Bertempat di Gedung Bagindo Aziz Chan yuoth Center Kota Padang, Empat tokoh tersebut yakni, pertama, Irwan Basir, Dt.Rajo Alam, SH.MM., kedua Ir.Irfendi Arbi, M.P., ketiga Dr.H.Fauzi Bahar, Dt.Nan Sati, M.Si. dan keempat Hendra Pebrizal, S.Sos, MM.


Terkait Penghargaan, Ketua pelaksana MUBES IKW-RI, Andarizal menjelaskan, "sebagaimana diketahui, IKW-RI adalah organisasi yang membatasi diri dengan kepentingan Non Sosial, dan dapat dipastikan terkait pemberian penghargaan kepada empat orang tokoh Sumbar ini, IKW-RI sudah pasti melihat serta menilai dari kacamata dan sudut pandang sosial.


Berikut Tokoh-tokoh yang diberi penghargaan ;


1. Irwan Basir, Dt.Rajo Alam, SH.MM.

Irwan Basir merupakan putra asli Kuranji Kota Padang, dan saat ini beliau diamanahkan sebagai Ketua DPD LPM Kota Padang.



IKW-RI menganugerahkan Penghargaan kepada Irwan Basir, Dt.Rajo Alam, SH.MM. sebagai Tokoh Inspiratif Kemanusiaan dan Sosial. Hal ini diputuskan melalui pertimbangan yang panjang, matang dan penilaian yang ketat.


Kepedulian pada sesama yang luar biasa dari sosok Irwan Basir mencuat tajam ditengah-tengah masyarakat saat masa-masa Pandemi Covid-19 beberapa tahun silam. Irwan Basir muncul ditengah-tengah masyarakat Kota Padang bak malaikat, dan memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkan, tanpa mempedulikan identitas penerima dan tempat domisilinya. 


Dan hingga pandemi usai saat ini, Irwan Basir terus berjalan dengan aktivitas-aktivitas sosialnya dalam membantu dan meringankan beban masyarakat, seperti memberi bantuan pada masyarakat yang ditimpa bencana, dan Irwan Basir juga sangat peduli dengan aktifitas-aktifitas kepemudaan anak nagari.



2. Ir.Irfendi Arbi, M.P

Irfendi Arbi, adalah tokoh penting Lima Puluh Kota, beliau pernah menjabat sebagai Bupati periode Tahun 2016–2021 di Kabupaten tersebut, dan Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Lima Puluh Kota periode 2005–2010.



Meski saat ini Ir.Irfendi Arbi, M.P bukan seorang pejabat lagi, namun kekentalan mental Ukhuwah Islamiyah (hubungan antara sesama muslim sebagai satu persaudaraan, dimana antara yang satu dengan yang lain seakan akan berada dalam satu ikatan) yang ada pada sosok ini patut diapresiasi.


Kehangatan komunikasi yang dijalin oleh Irfendi Arbi khususnya dengan Insan Pers saat menjabat sebagai kepala daerah hingga saat ini tetap berjalan seperti biasanya dan tidak pernah berubah. Satu keistimewaan yang tidak pernah lepas dari sosok ini adalah "Beliau selalu mampu memposisikan diri sebagai seorang kakak dan sahabat dalam berdiskusi.


Banyak masukan dan pemikiran-pemikiran yang telah disumbangkan oleh tokoh satu ini terkait strategisnya peran Jurnalisme terhadap roda pemerintahan. Dan hal inilah yang melatarbelakangi IKW-RI menganugerahkan Penghargaan kepada Ir.Irfendi Arbi, M.P, sebagai Tokoh Inspiratif yang Peduli Dengan Insan Pers.


3. Dr.H.Fauzi Bahar, Dt.Nan Sati, M.Si.

Letnan Kolonel Laut Dr.H.Fauzi Bahar, M.Si. Dt.Nan Sati adalah mantan Walikota Padang dua periode (2004 hingga 2014). Sosok ini dikenal dengan karakter tegas dan disiplin.



Saat ini, H.Fauzi Bahar diamanahkan sebagai Ketua LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau) Sumatera Barat. Jika bicara terkait generasi muda Minangkabau, tokoh satu ini dikenal sangatlah nyinyir.


Didalam banyak kesempatan, Fauzi selalu berpesan pentingnya pengutan  pondasi yang berlandasan agama pada anak sejak dini. Menciptakan generasi muda modern Minangkabau yang smart, berakhlak, beradab dan taat ibadah menjadi tujuan khusus bagi beliau.


Atas segala upaya yang telah dilakukan dan dorongan-dorongan terhadap generasi muda Minangkabau inilah yang menjadi dasar IKW-RI menganugerahkan Piagam Penghargaan Kepada Dr.H.Fauzi Bahar, Dt.Nan Sati, M.Si. sebagai Tokoh Inspiratif Peduli Generasi Muda Minangkabau.


Dan ada satu kalimat dari Fauzi Bahar yang sangat sering terlontar dari mulutnya, yakni "Sesibuk apapun, sesulit apapun, jangan pernah meninggalkan Shalat".


4. Hendra Pebrizal, S.Sos, MM.

Hendra Pebrizal merupakan Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, selain itu, saat ini beliau juga kembali dipercaya memegang tampuk Ketua PD PERPAMSI (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) Sumatera Barat masa bakti 2022-2026.



Sebagai seorang Direktur Utama, banyak terobosan yang telah dilakukan oleh Hendra Pebrizal dalam memajukan Perumda milik Pemko Padang ini, dan Perumda AM Kota Padang terlah menjadi rujukan studi tiru Perusahaan sejenis, baik dilingkup Provinsi Sumatera Barat maupun luar Provinsi Sumatera Barat.


Selain itu, sebagai seorang leader, Hendra Pebrizal juga tidak mengenyampingkan faktor-faktor sosial dilingkup internal dan eksternalnya. Memberikan perhatian khusus pada para pensiunan dan anak perprestasi dilingkup karyawan Perunda AM Padang merupakan salahsatu bentuk perhatian sosial di internal Perumda.


Dan lingkup eksternal, Perumda AM Padang secara maraton memberikan perhatian khusus pada masyarakat-masyarakat disekitar  kawasan intake (sumber air), diantaranya program bedah rumah, dan mengutamakan perhatian pada masyarakat sekitar secara khusus dihari-hari besar tertentu. Dan humanisnya staf Perumda ini saat menangani tunggakan-tunggakan tagihan pelanggan juga menjadi indikator IKW-RI menganugerahkan Piagam Penghargaan Kepada Hendra Pebrizal, S.Sos, MM. sebagai Leadership Terfavorit BUMD Kota Padang.


Lebih lanjut Andarizal menerangkan, "pada hari penganugerahan penghargaan dua tokoh tidak dapat hadir secara langsung, hal ini disebabkan karena ada kegiatan lain yang bertepatan dengan hari pelaksanaan MUBES IKW-RI, seperti Bapak Fauzi Bahar yang berada di Cianjur memberikan bantuan Rendang pada korban bencana, dan Bapak Hendra Pebrizal yang harus menghadiri undangan kerja di Kuala Lumpur.

(dn)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->