Kesuksesan PHJD menjadi "Kado Terindah dari Dinas BMCKTR di HUT Prov.Sumbar ke 77 Tahun" - Go Asianews

Breaking


Wednesday, September 28, 2022

Kesuksesan PHJD menjadi "Kado Terindah dari Dinas BMCKTR di HUT Prov.Sumbar ke 77 Tahun"

Ruas jalan kawasan wisata Batang Arau Kota Padang


GoAsianews.com

Padang ( SUMBAR) - Program Hibah Jalan Daerah (PHJD), merupakan pemberian hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi/Kabupaten. Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang telah mengamanatkan skema pendanaan cost sharing (pembagian pembiayaan) dan hibah untuk jalan daerah yang bersumber dari APBN (Rupiah murni). 


Program ini secara khusus bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah termasuk di Kawasan Strategis Nasional (KSN) dengan pendampingan teknis secara intensif agar memenuhi aspek good governance (tata kelola) dan quality assurance (kendali mutu).

Ruas jalan kawasan wisata Pantai Padang


Meski belum rampung 100%, kesuksesan hasil pelaksanaan pembangunan serta tujuan dari PHJD yang di laksanakan oleh Prov.Sumbar pada tahun 2022 ini telah membias jelas. Keseriusan, profesionalitas dan kerjakeras insan pembangunan Dinas BMCKTR Sumbar (Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Sumbar) sebagai ujung tombak dalam penyelenggaraan pembangunan infrastruktur jalan telah mengabdikan diri secara nyata, hal tersebut dibuktikan dengan terealisasi ruas-ruas yang menjadi bagian dari program ini terlaksana sesuai spesifikasi, tepat dan terukur. Dan hal ini menjadi kado terindah di Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat yang ke 77 Tahun.


Paket 1 Rehabilitasi/Pemeliharaan Jalan Provinsi di KSPN Mandeh, merupakan salah satu kegiatan PHJD Tahap III yang dilakukan pada TA 2022 ini. Ruas ini meliputi Jalan Pasar Baru - Alahan Panjang (P.073), Ruas Jalan Teluk Kabung - Mandeh - Tarusan (P.083) dan Ruas Jalan Batu Batembak - Pelabuhan Panasahan (P.100) - Pesisir Selatan (Kab.) dan Ruas Jalan Teluk Bayur - Nipah - Purus (P.098) - Padang (Kota).


Dihitung dari sisi progres, pelaksanaan pembangunan belum mencapai 100%, namun program pembangunan yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah, termasuk di Kawasan Strategis Nasional (KSN) ini telah dirasakan manfaatnya secara nyata oleh masyarakat luas.


"Keindahan panorama pantai Padang, yang didukung oleh infrastruktur badan jalan yang mantap, dan dilengkapi bahu jalan yang rapi di ruas  Samudera ini telah membuat pengunjung betah berlama-lama di sini, "ungkap Rahmi, penggiat ekonomi diarea kawasan wisata Pantai Padang, Rabu (28/09/2022).


"Kenyamanan suasana membuat mereka (wisatawan) betah, dan kembali berkunjung"


"Hal seperti ini sudah pasti akan membawa dampak positif bagi kami para pedagang" jelas Rahmi.


Hal senada juga diungkapkan oleh para penggiat ekonomi/pedagang dikawasan wisata Batang Arau kota Padang.


"Begitu banyak efek positif dari rekontruksi ruas jalan ini," ucap Hasan salah seorang tokoh masyarakat setempat.


"Selain makin lancarnya akses lalulintas dalam aktivitas keseharian kami, dengan adanya perbaikan ruas jalan ini membuat kunjungan wisatawan makin bergairah. Dan akses menuju kawasan wisata Pantai Air Manis pun semakin lancar," terangnya.


Kesuksesan pelaksanaan pembangunan ini tentu tidak lepas dari upaya kerja keras Kepala Dinas BMCKTR Sumbar, Erasukma Munaf, dan Kasatker berseta PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) yang bersangkutan, sebagai ujung tombak dalam kegiatan pembangunan tersebut.


Melalui sentuhan tangan-tangan profesional ini, dan klaborasi yang mantap dengan PT. Citra Muda Noer Bersaudara selaku kontraktor pelaksana, yang didampingi oleh konsultan supervisi, hasil kegiatan Paket 1 Rehabilitasi/Pemeliharaan Jalan Provinsi di KSPN Mandeh telah menjadi salahsatu kado terindah dari Dinas BMCKTR untuk Prov.Sumbar di Hari Jadi yang ke 77 Tahun ini. (deni).

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->