Lintasan Padat Kendaraan, "Bahu Jalan ruas Lubuk Alung butuh Perhatian Khusus" - Go Asianews

Breaking


Tuesday, June 28, 2022

Lintasan Padat Kendaraan, "Bahu Jalan ruas Lubuk Alung butuh Perhatian Khusus"

 

Ketinggian antara badan dan bahu jalan sangat mencolok, (beberapa titik memiliki jarak ketinggian melebihi 12 Cm)

Bertahun, program Longsegmen/Persevasi jalan dan jembatan telah digulirkan oleh Kementerian PUPR, hal ini dilakukan untuk menjaga fungsional dan kondisi jalan yang mantap, namun entah mengapa, bahu jalan pada ruas jalan nasional yang melintas dikawasan Lubuk Alung hingga saat ini jauh dari kata Kondusif.


GoAsianews.com

Kab.Padang Pariaman (SUMBAR) - Bahu jalan yang merupakan bagian dari DAMAJA (Daerah Manfaat Jalan),  yang mana keberadaannya berfungsi sangat penting, antara lain sebagai penunjang utama struktur perkerasan, sebagai daerah penahan landas pada saat kendaraan perlu berhenti darurat. sebagai syarat kebebasan samping, sebagai penghubung melintang drainase sebelum mencapai saluran tepi, serta dalam keadaan tertentu sering digunakan sebagai tempat pejalan kaki dan perlengkapan pengatur lalu lintas.


Selain itu, bentuk bahu, kondisi bahu dan ukuran bahu akan mempengaruhi persepsi pengemudi  selama menjalankan kendaraan, sehingga akan mempengaruhi kapasitas jalan.


Hal ini telah lama menjadi perhatian Pemerintah, melalui program Longsegmen, kementerian PUPR terus berupaya untuk menciptakan lintasan yang mantap.


Diwilayah Provinsi Sumatera Barat, paket kegiatan ruas jalan nasional yang berada dibawah kewenangan BPJN Padang saat ini tengah berjalan.


Salah satunya pada paket kegiatan Longsegmen atau Preservasi Jalan dan Jembatan Padang - LB.Alung - Padang Panjang - Padang Luar, Padang Panjang - BTS. Kota Solok yang digawangi oleh PPK 1.1 PJN Satker Wil I Sumbar BPJN Padang.


Gunakan anggaran APBN TA 2022, dengan penawaran terkoreksi sebesar Rp.22.536.281.334,75., PT.Sarana Mitra Saudara telah terikat kontrak kerja pada paket kegiatan ini, yang ditandatangani pada bulan Januari 2022 lalu.


Terkait jalan nasional diruas LB.Alung yang telah lama tidak memiliki bahu jalan yang kondusif, Kasatker PJN Wil I Sumbar Masudi, melalui PPK 1.1 PJN Wil I Sumbar, Nasir menyampaikan akan meninjau kelapangan.


"Ok pak, nanti akan kita tinjau kelapangan. Terimakasih infonya" tulis Nasir yang dikonfirmasi melalui selulernya (WhatsApp) 0812781XXXX. (28/06/2022).


Lebih lanjut Nasir juga menjelaskan, bahwa untuk item pekerjaan bahu jalan memang ada pada paket kegiatan persevasi.


"Untuk dipreservasi ada pak itemnya, makanya akan kita tinjau kelapangan dulu terkait info yang bapak sampaikan" ungkapnya.


Sebelumnya, Ajo Syarif salah seorang warga yang berdomisili diruas Jl.M Yamin Lubuk Alung menjelaskan, "lintasan Padang - LB Alung ini merupakan ruas padat kendaraan, dan juga rawan kecelakaan", ucapnya (27/06).


"Namun entah mengapa.., ruas jalan nasional ini tidak memiliki bahu jalan yang layak, dan kondisi ini telah lama sekali," keluhnya. (deni).

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->