Alirman Sori Ingatkan Perusahaan Kelapa Sawit Agar Peduli Nasib Petani - Go Asianews

Breaking


Wednesday, May 18, 2022

Alirman Sori Ingatkan Perusahaan Kelapa Sawit Agar Peduli Nasib Petani

 


GoAsianews.com

JAKARTA - Sikap tegas Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang menindak tegas pabrik kelapa sawit di daerahnya mendapat apresiasi dari Alirman Sori Anggota DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat.


"Sikap Bupati Dharmasraya kepada masyarakat pantas diapresiasi dalam menyikapi anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS)," ujar Alirman Sori, dikutip dari Arunala.com, (18/5).


Penjelasan Alirman Sori tersebut berkaitan dengan adanya inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan Sutan Riska ke sejumlah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di kabupaten Dharmasraya, pada Selasa (17/5) kemarin.


Kabar yang diperoleh Senator asal Sumbar ini, sidak dari Sutan Riska itu dalam rangka menyikapi anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di tingkat petani.


Alirman Sori menyarankan supaya kepala daerah di Sumbar yang wilayahnya memiliki perkebunan sawit melakukan hal yang sama, supaya "Perusahaan Kelapa Sawit" tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan petani sawit.


"Anjloknya harga sawit sangat tentu akan sangat berdampak kepada petani sawit, supaya tidak menimbulkan gejolak, pemerintah dan pemerintah daerah mesti mengingatkan PKS untuk melakukan penyesuaian harga sesuai harga CPO dunia, jangan sampai harga jual terlalu rendah," ulas Alirman.


"Bila PKS menetapkan harga TBS sesukanya, tidak menyesuaikan dengan CPO dunia, Alirman Sori, sangat mendukung sekali sikap tegas yang dilakukan Bupati Sutan Riska untuk mencabut izinnya," urainya.


Alirman Sori, yang juga mantan wartawan harian salah satu surat kabar yang ada di Sumbar, berharap pada PKS jangan hanya memikirkan diri sendiri dan keuntungan saja, mesti balan, pikirkan juga nasib petani.


"Para pengusaha harus memperhatikan petani sawit berikan harga yang pantas dengan menyesuaikan harga CPO dunia," harapnya.(*)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->