Hujan Berkepanjangan, Sebahagian Besar Wilayah Sumbar Dihantui Bencana - Go Asianews

Breaking


Saturday, December 18, 2021

Hujan Berkepanjangan, Sebahagian Besar Wilayah Sumbar Dihantui Bencana

Banjir di Kabupaten Pesisir Selatan


GoAsianews.com

Padang (SUMBAR) - Tinggi intensitas curah hujan yang melanda sebahagian besar wilayah di Sumatera Barat dalam pekan ini membuat beberapa daerah di Sumbar di landa banjir dan longsor.


Diantaranya, Darmasraya, Kota Padang, Pesisir Selatan, Pariaman, Kab.Solok, Agam, Pasaman Barat, dan Mentawai.


Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Sumbar, Rumainur mengatakan, dari data yang diperoleh pihaknya mencatat ada beberapa bencana yang melanda Sumbar beberapa hari ini, mulai dari banjir, longsor dan banjir bandang. Akibat musibah ini, menurutnya beberapa warga yang daerahnya terdampak sudah di evakuasi.


“Khusus banjir bandang ini terjadi di Agam tepatnya di Maninjau, tapi masi belum kami tetapkan A1 (valid). Karena laporan yang kami minta belum dijawab pihak sana,” katanya saat dihubungi Sabtu (18/12/2021).


Rumainur mengatakan, untuk daerah yang dilandai banjir menurutnya terjadi di Kota Padang, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, Pariaman dan Mentawai. Sedangkan untuk daerah yang dilanda longsor menurutnya terjadi di Malalak Agam dan pembatasan Sumbar Kerinci.


“Laporan yang kami peroleh pagi tadi di Pesisir Selatan ketinggian air sudah mulai surut, tapi kami menkwatirkan saat ini disana juga masi hujan. Sedangkan untuk daerah yang paling parah terjadi banjir masi di Pesisir Selatan, daerah lain masi genangan biasa,”jelasnya.


“Untuk jalan lintas provinsi dan kabupaten Kota yang kemarin dilanda longsor sudah kembali lancar, seperti terjadi di lintas Sumbar - Kerinci, Padang - Solok” sambungnya.


Lebih lanjut dijelaskan, saat ini belum ada laporan korban jiwa akibat banjir ataupun longsor yang melanda beberapa wilayah di Sumbar ini, namun kami mengimbau untuk selalu berhati-hati" sebutnya. (*)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->