"Kado Terindah di Hari Bhakti PUPR ke 75 Tahun" Jalan Lingkar Salido Jadi Wahana Objek Wisata Baru & Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pessel - Go Asianews

Breaking


Thursday, December 3, 2020

"Kado Terindah di Hari Bhakti PUPR ke 75 Tahun" Jalan Lingkar Salido Jadi Wahana Objek Wisata Baru & Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pessel



GoAsianews.com

Pessel (SUMBAR) - Selesainya pembangunan jalan wisata dari Salido menuju pantai Carocok Painan dengan melingkari bukit Langkisau sepanjang lebih kurang 3 kilometer membuka wahana baru terhadap objek wisata pantai Salido Kenagarian Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.


Dalam momentum Hari Bhakti PUPR ke 75 Tahun 2020 ini, kontruksi jalan lingkar Salido telah menjadi kado terindah bagi dunia pariwisata Pessel dan masyarakatnya

Sebelumnya Pantai Salido ramai pengunjung apabila adanya event paralayang, karena di Pantai tersebut merupakan lokasi tempat mendaratnya para atlit paralayang.


Namun sekarang tidak demikian, sejak selesainya jalan dari lingkar Salido tembus pantai Corocok Painan, jumlah pengunjung selalu ramai setiap sorenya di Objek wisata Pantai tersebut, dan jumlah pengunjung akan sangat membludak di hari-hari libur dan akhir pekan.


Kepala Dinas PUPR Kab.Pesisir Selatan, Syahriwan melalui PPK Bidang Binamarga Fahresi Eka Siska, S.T.,M.T memaparkan, dengan selesainya akses jalan wisata dari Salido yang mengitari Bukit Langkisau menuju pantai Corocok Painan telah menjadikan panorama objek wisata pantai Koto Salido semakin berwarna, ungkapnya pada GoAsianews.com (2/12/2020).



Eka Siska juga memaparkan sejarah perkembangan pelaksanaan pembangunan ruas tersebut, "pembangunan jalan lingkar wisata dari Salido tembus Pantai Corocok Painan  dimulai pembangunannya pada tahun 2013, dan dilanjutkan pada tahun 2014, karena keterbatasan APBD Kab.Pessel, pengerjaan ruas ini sempat terhenti beberapa tahun belakangan.


"Kegigihan pihak Pemkab dan keindahan pesona alam yang terpendam di pantai Salido telah membawa angin segar untuk pembangunan lanjutan pada ruas ini". 


"Dan hingga akhirnya di tahun 2020 ini kegiatan dilanjutkan kembali dan terselesaikan. Pembangunan dilanjutkan dengan dukungan dana APBN, melalui program Hibah Jalan Daerah KSPN Mandeh (Kawasan Strategi Pariwisata Nasional)" terang Eka Siska.


Pembangunan infrastruktur jalan ini tidak saja berdampak pada perkembangan dunia pariwisata Kab.Pessel, namun juga berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat dilingkungan kawasan wisata tersebut.


Secara terpisah Sumarni, salah seorang pelaku usaha (pedagang) dikawasan pantai Salido mengaku sangat bersyukur dengan pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemerintah di kawasan ini.


"Alhamdulillah pantai Salido ramai dikunjungi masyarakat" ungkap Sumarni (2/12/2020).


"Mereka yang datang ada dari masyarakat sekitar dan juga masyarakat luar Kab.Pessel"


"Ramainya pengunjung yang datang telah membawa berkah dan menggenjot perekonomian kami para pedagang, hal yang sama juga dirasakan oleh penggiat usaha lainnya, seperti para pemuda sebagai juru parkir yang mengatur kendaraan agar akses lalulintas berjalan tertib dan lancar" jelas Sumarni.


Dilokasi yang sama, Ririn salah seorang rombongan milenial yang tengah asik berSelviria dengan keindahan panorama pantai Salido mengungkapkan perasaan hatinya melihat keindahan pantai tersebut.


"Panorama alamnya sangat indah dan asri" ungkap Ririn.


"Satu lagi Pesisir Selatan memperhatikan wajah indahnya"ungkap gadis kelahiran Kota Bukittinggi tersebut.


"Selain peranan Pemerintah setempat, sumbangsih masyarakat sekitar juga dibutuhkan dalam menjaga kebersihan lingkungan pantai dan habitat yang ada dilaut Salido ini" harapnya.


Diikuti rekanan-rekannya Ririn mengucapkan satu kalimat yang sangat memukau hati, " I love the sea, I love Pessel, I love Indonesia (saya cinta laut, saya cinta Pesisir Selatan, saya cinta Indonesia), ungkap Ririn bersama rekan-rekannya yang diiringi tawa riang.

(deni)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->