"Jaling Parak Gadang Timur Cacat Mutu" Kecolongan atau Kongkalingkong..? - Go Asianews

Breaking


Tuesday, October 8, 2019

"Jaling Parak Gadang Timur Cacat Mutu" Kecolongan atau Kongkalingkong..?


Goasianews.com
Padang ( SUMBAR) - Tahapan demi tahapan betonisasi Jalan Lingkungan (Jaling) di Kelurahan Parak Gadang Timur Kec.Padang Timur Kota Padang sebahagian besar telah terlaksana.

Namun sangat di sayangkan, hasil pengerjaan betonisasi di Tahun Anggaran 2019 yang menyentuh daerah tersebut sepertinya kurang efektif, kondisi kontruksi pembangunan Jalan Lingkungan di Kel.Parak Gadang Timur Kec.Padang Timur ini secara kasat mata dapat di simpulkan cacat mutu, hal ini tergambar dari kondisi ril yang ada di lapangan, tepatnya pada salahsatu ruas jalan di kawasan RW 01.

Fasilitas Jaling di kawasan ini baru saja selesai di bangun, namun kondisinya saat ini sudah di penuhi retakkan. Dan efesiensi jalan ini di ragukan akan sesuai dengan stsndar usia yang telah di rencanakan.


Dari pantauan Goasianews.com di lapangan, Stuktur ketebalan beton jalan ini berfariasi, antara 6 Cm - 13 Cm.

Serta juga terlihat pengecoran jembatan penghubung yang tidak menggunakan rangkaian besi, tetapi menggunakan balok kayu sebagai alas lampisian Ready Mix


Terkait kondisi tersebut. Yenni Yuliza selaku Kadis PRKPP Kota Padang, melalui Norman selaku Kabid Perumahan yang sekaligus PPK dalam kegiatan tersebut menjelaskan akan segera melakukan pengecekan pada ruas tersebut.

"Sip.., saya cek dulu" ungkap Norman saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp nya (08583098xxxx) Kamis (3/10/2019).

Dan pada senin (7/10/2019) melalui pesan WhatsApp nya dinomor yang sama, Norman menjelaskan kegiatan tersebut belum di PHO (Provisional Hand Over) Serah Terima Pertama antara Kontraktor Pelaksana dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Namun Norman belum memberi keterangan terkait langkah-langkah yang akan di ambil oleh Dinas terkait hasil kontruksi tersebut.

Dari informasi yang di himpun oleh media ini, kegiatan tersebut bersumber dari dana Pokir (Pokok Pikiran) DPRD Kota Padang- Helmi Moesim, terkait hal itu, Norman membenarkannya.

Kondisi ini harus menjadi perhatian khusus bagi TP4D Kejari Kota Padang yang telah menjalin kerjasama (MoU) dengan Pemko Padang dalam bidang pengawasan untuk mencegah terjadinya kerugian negara.


Apakah cacat mutu pada kontruksi tersebut bahagian dari kurang matangnya perencanaan, atau lemahnya pengawasan dari pihak konsultan selaku perpanjangan tangan dari Owner (Dinas)...?, hingga menyebabkan kecolongan atau praktek kongkalingkong telah terjadi di sini.

Hal tersebut tentulah pihak yang berwenang yang bisa menyimpulkannya, tunggu berita selanjutnya.

#deni/tim

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->