Pembangunan Kawasan Pemukiman Batang Arau Menjadi Kado Terindah di Hari Bhakti PU 2018 - Go Asianews

Breaking


Tuesday, December 4, 2018

Pembangunan Kawasan Pemukiman Batang Arau Menjadi Kado Terindah di Hari Bhakti PU 2018

Kawasan Batang Arau yang dahulu di kenal sebagai kawasan kumuh perkotaan, sekarang telah berubah menjadi Kawasan Wisata Terpadu yang ramai di kunjungi wisatawan.

Goasianews.com
Padang (SUMBAR) - Batang Arau merupakan salah satu nama sungai yang terdapat di Kota Padang Sumatera Barat. Aliran Batang Arau pada bagian muaranya membagi kawasan di kota Padang dengan bukit yang dikenal dengan nama Gunung Padang, pada muara sungai ini juga terdapat sebuah pelabuhan yang bernama pelabuhan Muara dan sungai Batang Arau  berhulu sampai pada kawasan Bukit Barisan.

Kawasan Batang Arau yang terletak di Kecamatan Padang Selatan ini merupakan kawasan padat penduduk dengan tingkat populasi tinggi.

Sebelum pelaksanaan kegiatan rekontruksi, kawasan Batang Arau di kenal sebagai kawasan kumuh perkotaan.

Namun saat ini predikat tersebut telah tertanggal dari tubuh Batang Arau. Dan sebaliknya, saat ini kawasan Batang Arau telah menjadi salah satu titik kawasan favorit kunjungan wisatawan domenstik di kota padang.

Diawal tahun 2018, Pemerintah pusat melalui kementrian PUPR telah mengucurkan anggaran sebesar Rp 25 Milyar lebih untuk penataan kawasan pemukiman kumuh di kelurahan Batang Arau kecamatan Padang Selatan kota Padang Prov Sumbar ini.

Yang sekaligus merupakan proyek percontohan, yang memiliki nilai terbesar dibanding dengan proyek serupa yang ada pada tahun ini.

 Tugu Kapal dengan latar lukisan tiga dimensi, sebagai wisata sejarah, yang menceritakan keseharian penduduk sekitar yang mencari nafkah dengan cara melaut.

Hal hasil, semua upaya yang dilakukan tidak sia-sia. sentuhan pembangunan tersebut telah menjadi sepuhan perhiasan yang menambah kilauan indahnya panorama alam Batang Arau, sebagai pintu gerbang wisata laut Pantai Air Manis.

Suksesnya sebuah kegiatan perkerjaan pembangunan tentu tak lepas dari komunikasi yang baik dan intens antara Owner, pihak pengawas, juga dukungan masyarakat sekitar. 

Dan bagian inti yang paling terpentingnya adalah perkerjaan tersebut di laksanakan oleh Perusahaan kontraktor  yang profesianoal dan berpengalaman.

Klaborasi antara Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satker Pengembangan Kawasan Pemukiman (Bangkim) provinsi Sumatera Barat dan PT.Mari Bangun Nusantara JO PT.Mari Bangun Persada Spesialis selaku kontraktor pelaksana sebagai pemenang lelang telah membuahkan hasil yang sangat maksimal.

"Wajah Batang Arau telah berubah secara drastis, dan titik kawasan kumuh yang ada di Sumbar saat ini nyata sudah berkurang ucap Ir.R.Herman,MT selaku pengamat kontruksi Sumatera Barat yang sekaligus Ketua LSM-LPMS (Lembaga Peduli Masyarakat Sumbar) pada Goasianews.com (4/12/2018)

"Dengan kondisi Batang Arau seperti saat ini, secara otomatis akan membawa dampak baik bagi perekonomian masyarakat sekitar, karena kawasan ini telah ramai di kunjungi wisatawan domestik"

"Masyarakat bisa berjualan di sepanjang kawasan ini, namun lokasi berjualan juga perlu di tata agar tidak semberaut, tegas Herman.


"Melalui sentuhan tangan-tangan profesional teknik PT.Mari Bangun Nusantara JO PT.Mari Bangun Persada Spesialis, Batang Arau yang kumuh telah di sulap menjadi lokasi kawasan wisata terpadu, dan dipastikan hal ini akan mendatangkan berkah bagi mereka (penduduk.red) yang semula hanya menghandalkan mata pencarian sebagai nelayan" terang Herman.

"Pembangunan ini benar-benar memiliki multiefek, Dan ini merupakan hadiah nyata dan kado terindah yang di terima masyarakat Batang Arau  di Hari Bhakti PU tahun ini" sambung Herman sembari tersenyum.

#deni

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->