Awasi Penyaluran Dana Bantuan Gempa dari Uni Eropa, KPK Bakal bentuk Tim Khusus yang Berkantor di Palu - Go Asianews

Breaking


Tuesday, October 2, 2018

Awasi Penyaluran Dana Bantuan Gempa dari Uni Eropa, KPK Bakal bentuk Tim Khusus yang Berkantor di Palu


Goasianews.com
Jakarta - Dikutip dari BBC pada Senin (1/10/2018), Uni Eropa mengumumkan akan memberikan bantuan sebesar 1,5 juta euro (sekitar Rp 25,5 miliar) untuk Indonesia dalam penanganan korban gempa dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

Menanggapu hal tersebut, Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengatakan lembaganya berencana bakal membentuk tim kusus yang berkantor di Palu demi memantau dana bantuan bencana gempa bumi dari Uni Eropa tersebut.

Hal ini kata Saut, setelah menimbang besarnya jumlah bantuan yang akan digelontorkan oleh Uni Eropa.

"Kalau angkanya cukup besar dan penggunaanya tidak efisien nanti kan negara luar melihatnya seperti apa," kata Saut di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (1/10/2018).

Selain itu, Saut menambahkan, cara tersebut merupakan tindakan pencegahan supaya dana bantuan tersebut tepat sasaran.

"Mungkin bisa jadi tidak diambil, tapi miss management, itu yang lebih bahaya lagi. Kok kita nggak bisa bikin kalkulasi yang sederhana," tuturnya.

"Kalau bantuannya berupa barang pasti lain, kalau uang pasti lain, nah  pendistribusiannya seperti apa, harus ada asas keadilannya," imbuh Saut.

Namun, Saut menerangkan, sejauh ini KPK belum membentuk tim yang akan menindaklanjuti. "Tapi sudah ada diskusi-diskusi tentang hal itu," jelasnya.

#dn / ilham

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->