Afrizal Khaidir "Forum Konsultasi Publik Untuk Penyempurnaan RKPD Kota Padang tahun 2019" - Go Asianews

Breaking


Wednesday, March 28, 2018

Afrizal Khaidir "Forum Konsultasi Publik Untuk Penyempurnaan RKPD Kota Padang tahun 2019"


Goasianews.com
Padang (SUMBAR) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang telah merancang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019. Rancangan tersebut dibahas pada Forum Konsultasi Publik di Hotel Pangeran Beach, Senin 26 Februari 2018.

Forum dibuka oleh Walikota Padang yang diwakili oleh Staf Ahli Afrizal Chaidir (Senin/26 Februari 2018).Forum ini dihadiri oleh Staf Ahli, Asisten Administrasi, Kepala OPD, Akademisi, BPS, Bundo Kanduang, dan lain-lain.

Pemerintah Kota (Pemko) memprioritaskan 5 program hingga tahun 2019. Program itu difokuskan dalam pembangunan yang tertuang pada Rancangan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang 2014-2019.

Kelima program itu diantaranya, optimalisasi infrastruktur perkotaan, penataan sistem transportasi kota yang lebih baik, pembangunan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, revitalisasi pasar tradisional atau pasar rakyat dan lanjutan pembangunan sarana prasarana pariwisata.

Staf Ahli Pemko Padang Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Afrizal Khaidir mengatakan, Forum Konsultasi Publik digelar untuk menerima saran dan masukan demi penyempurnaan RKPD Kota Padang tahun 2019, bahwa Rancangan Awal (Ranwal) RKPD ini meupakan salah satu rangkaian penyusunan rencana pembangunan daerah yang mengacu pada RPJMD Tahun 2014 – 2019. Harapannya dengan adanya Ranwal ini bisa lebih fokus dalam mengangkat tema dan prioritas pembangunan daerah untuk Tahun 2019.

“RKPD 2019 merupakan RKPD tahun terakhir pelaksanaan RPJMD. Mari kita bahas dengan maksimalkan,” kata Afrizal saat membuka Forum Konsultasi Publik yang diikuti Kepala OPD Pemko Padang, pemangku kepentingan dan perwakilan masyarakat.

“Selain 5 program tersebut, program-program lain yang merupakan pelayanan dasar kepada masyarakat tetap dimaksimalkan,” tambah Afrizal.

Ranwal yang dimoderatori Sekretaris Bappeda Kota Padang, Elvira, SE.Akt.M.Si ini dimulai dengan pemaparan Kepala Bappeda Kota Padang, Ir. H. Hervan Bahar, M.M mengenai hasil realisasi RPJMD sampai dengan Tahun 2017, dimana target yang tercapai sudah berada di angka 85,7%. Hervan Bahar menyebutkan "untuk proyeksi anggaran tahun 2019, Kota Padang memiliki pendapatan sebesar 2,447 triliun yang berasal dari dana perimbangan sebesar 60% dan 40% dari PAD dan pendapatan daerah lainnya yang sah.

“Sedangkan, total belanja sebesar 2,407 triliun dengan belanja langsung sebesar 51% dan belanja tidak langsung sebesar 49%,” jelas Hervan.

Setelah pemaparan dari Kepala Bappeda, dilanjutkan dengan tanggapan dari Kepala BPS Kota Padang, Dinas Catatan Sipil, dan Kepala DPMPTSP DR. Rudy Rinaldi. 


Menurut Kepala DPMPTSP DR. Rudy Rinaldi, data yang ada bisa digunakan untuk merencanakan arah kebijakan pembangunan. Menurutnya perlu forum yang holistik untuk Tahun 2019, seperti Economic Forum. Untuk mewujudkan misi ke dua Kota Padang yaitu menjadi kota Perdagangan, perlu perbaikan sistem mobilisasi masyarakat. Rudy mengusulkan berkaitan dengan 2019 adalah tahun akhir RPJMD 2014-2019, tema pembangunan yang diangkat untuk Tahun 2019 sebaiknya tentang public services (pelayanan publik).

Narasumber yang hadir adalah Prof. Linda dari Universitas Andalas, Abrar dari Universitas Negeri Padang dan Taufik dari Universitas Islam Negeri Padang. 

Menurut Prof. Linda untuk perbaikan ekonomi harus ditingkatkan kreativitas, dimana saat ini kehidupan sangat dinamis, terutama diakibatkan oleh kemajuan teknologi informasi, dimana saat ini berkembang sistem pemasaran dengan e-commerce. Untuk pemenuhan kebutuhan transportasi, infrastruktur harus dipersiapkan. Harus ada konsistensi antara perencanaan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek, sementara saat ini kebanyakan pemerintah daerah hanya fokus pada jangka pendek. Perencanaan yang dilakukan harus terintegrasi, yaitu planning by designed, bukan planning by accident. Saat ini program prioritas masih berorientasi fisik, padahal tujuan jangka panjang adalah membangun manusia Indonesia yang berkualitas, ungkapnya.

#GAnews05


No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->