Indonesia - Chile Tandatangani Perjanjian Perdagangan Komprehensif - Go Asianews

Breaking


Sunday, December 17, 2017

Indonesia - Chile Tandatangani Perjanjian Perdagangan Komprehensif

Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita dan Menteri Luar Negeri Chile, Heraldo Muñoz menandatangani IC-CEPA di Santiago, Chile (14/12/2017).  (Foto: Kemdag RI).

Goasianews.com
Santiago, Chile
- Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita dan Menteri Luar Negeri Chile, Heraldo Muñoz telah menyepakati dan menandatangani Comprehensive Economic Partnership Agreement antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Chile (IC-CEPA) di Santiago, Chile, (14/12). IC-CEPA menjadi perjanjian perdagangan bebas bilateral pertama antara Indonesia dengan negara di kawasan Amerika Latin.

Ditjen HPI dan Ditjen Amerop berperan secara aktif dalam mengawal perundingan IC-CEPA yang telah berlangsung sebanyak 6 putaran sejak tahun 2014. Secara khusus, Ditjen HPI berperan sebagai lead negosiator pada Working Group on Legal and Institutional Issue.

Penandatanganan IC-CEPA merupakan perwujudan dari kesepakatan bilateral antara Presiden Republik Indonesia dengan Presiden Chile pada saat Kunjungan Kenegaraan Presiden Chile, Michele Bachelet ke Indonesia tanggal 12 Mei 2017 untuk menyelesaikan perundingan IC-CEPA pada tahun 2017.

Penandatanganan ICCEPA yang menyepakati penghapusan tarif bea masuk beberapa produk unggulan Indonesia diharapkan semakin meningkatkan perdagangan langsung dengan mitra perdagangan non tradisional di kawasan Amerika Latin, khususnya Chile, yang potensial menjadi hub dagang bagi produk Indonesia.

IC-CEPA merupakan perjanjian perdagangan bebas bilateral kedua setelah Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement yang ditandatangani pada tahun 2007. Saat ini Indonesia juga sedang merundingkan beberapa perjanjian perdagangan bebas bilateral lainnya, antara lain dengan Australia dan Uni Eropa, yang juga menjadi prioritas Pemerintah Indonesia. Perjanjian perdagangan bebas lain di mana Indonesia telah menjadi pihak ada dalam kerangka ASEAN.

Pelaksanaan IC-CEPA akan dimulai segera setelah pertukaran instrumen ratifikasi dilakukan oleh Indonesia dan Chile. Ke depan, kedua negara sepakat untuk memperluas cakupan IC-CEPA, yang saat ini hanya mengatur perdagangan barang, menjadi mencakup pula perdagangan jasa dan kerja sama perlindungan investasi Bagi Pemerintah RI, IC-CEPA diharapkan dapat semakin memperkuat pelaksanaan diplomasi ekonomi Indonesia di kawasan Amerika Latin.


#Sumber: Ditjen HPI/Kemlu

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->