Fathol Bari "Konsultan Pengawas Garda Terdepan Kunci Suksesnya Hasil Perkerjaan" - Go Asianews

Breaking

Link Lintas Informasi..., Geser Kebawah Untuk Barita Utama...⏬

Sunday, November 26, 2017

Fathol Bari "Konsultan Pengawas Garda Terdepan Kunci Suksesnya Hasil Perkerjaan"


Goasianews.com
Padang (SUMBAR)
- Konsultan Pengawas merupakan perpanjangan tangan dari Dinas atau owner dalam mengawasi sebuah perkerjaan, yang bertujuan agar hasil dari pelaksanaan kegiatan perkerjaan sesuai dengan target yang telah di tetapkan.

Dengan kata lain "konsultan pengawas merupakan Garda terdepan dan kunci inti dalam suksesnya sebuah pelaksanaan kegiatan pembangunan" ungkap Fathol Bari Kepala Dinas PUPR Prov.Sumbar di ruang kerjanya (23/11).

Beberapa kegiatan Bidang Ciptakarya Dinas PUPR Sumbar 2017
Lebih lanjut Fathol menjelaskan "karena konsultan pengawas memiliki hak otoritas dalam pengawasan sebuah proyek pembangunan, seperti   Memperingatkan atau menegur pihak peleksana pekerjaan dalam penyimpangan kontrak kerja dan Kewenangan untuk menghentikan pekerjaan dapat digunakan oleh konsultan pengawas proyek jika teguran atau peringatannya tidak diabaikan oleh pihak pelaksana.

Selain itu Konsultan pengawas berhak untuk memeriksa gambar shopdrawing yang dikerjakan di proyek, Membuat perubahan dengan penerbitan berita acara perubahan (instruksi site), dan memberikan komentar pada proposal dari pihak yang melaksanakan proyek.
Beberapa kegiata Bina Marga Dinas PUPR Sumbar
Konsultan pengawas juga memiliki hak untuk melakukan penundaan dan pengadaan klien terhadap hal yang tidak memenuhi ketentuan dalam kontrak dan melakukan pemeriksaan kualitas kegiatan yang sedang berjalan, seperti bahan, peralatan, tenaga, serta cara-cara pelaksanaan kegiatan yang sesuai dengan perjanjian kontrak pemborong.

Konsultan pengawas juga harus jeli dan mampu memperbaiki kesalahan rencana pekerjaan maupun gambar,meminta keputusan arsitek perencana yang menyangkut perubahan arsitektural yang perlu dilakukan, serta meminta penjelasan mengenai hal-hal yang kurang jelas dalam rancangan dan perencanaan.


Sebagai perpanjangan tangan dari Dinas atau owner, Sudah menjadi tugas pengawas proyek untuk mengawasi pekerjaan proyek secara rutin dan berkala sehingga target-target pekerjaan proyek dapat terpantau dengan baik, dan Konsultan pengawas proyek memiliki tanggung jawab untuk membuat laporan prestasi kerja proyek yang nantinya akan dilaporkan pada pemilik proyek.


Seorang konsultan pengawas juga di tuntut untuk mampu dalam memecahkan masalah yang timbul dalam proyek, dan memberikan saran dan pertimbangannya kepada kontraktor dan pemilik proyek guna tercapainya prestasi kerja yang terbaik".

Untuk itu saya sangat berharap keprofesionalan serta kerjasama yang baik antara pihak konsultan pengawas dengan Dinas PUPR Prov.Sumbar, karena di sisi lain pihak konsultan pengawas sendiri dalam mengawasi kegiatan yang ada di lingkungan Dinas PUPR telah terikat dalam kontrak kerja, jika aturan dan kaidah-kaidah itu di langgar tentu semua itu ada sangsinya, tegas Fathol.

Fathol juga menjelaskan " serapan APBD di kegiatan Dinas PUPR tahun anggaran 2017 ini telah di atas 90 %, dan Fathol optimis sebelum akhir tahun nanti serapan akan mencapai angka 100%, terangnya.



#deni

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->