Lepaskan Belenggu Keterisolasian, 9 KM Ruas Jalan Kapujan - Rimbo Data Kab.Solok Telah Berkondisi Mantap - Go Asianews

Breaking


Monday, January 8, 2024

Lepaskan Belenggu Keterisolasian, 9 KM Ruas Jalan Kapujan - Rimbo Data Kab.Solok Telah Berkondisi Mantap



GoAsianews.com
Kab.Solok (SUMBAR)
- Buruknya infrastruktur jalan telah menyebabkan puluhan tahun belenggu keterisolasian melingkar dalam kehidupan masyarakat Nagari Sungai Nanam dan sekitarnya. Namun seiring dengan waktu serta perjuangan yang gigih.., belenggu tersebut mulai terlepas.


Dulunya, ruas jalan penghubung antar kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat ini berkondisi jauh dari kata layak, karena berdebu jika cuaca panas, dan bak kubangan kerbau saat disirami hujan.


Alhamdulillah, kondisi tersebut telah jauh berubah. Ruas jalan Kapujan - Rimbo Data Nagari Sungai Nanam yang menghubungkan antara Kecamatan Tigo Lurah dengan Kecamatan Lembah Gumanti dengan kondisi yang layak telah dinikmati oleh masyarakat sekitar.



Sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, terlihat lalu-lalang masyarakat setempat, diantaranya ada yang membawa alat tani, ada yang membawa hasil pertanian dan lainnya, tampak rasa bahagia dan syukur terbias dari raut-raut wajah pribumi yang melewati akses jalan baru tersebut. Serta keceriaan pun mewarnai hari-hari sang bocah yang asik bersepeda dan berlarian bermain di bentangan Hotmix yang membujur rapi membelah negerinya. Kondisi tersebut terpantau oleh media ini.


"Infrastruktur jalan seperti ini telah lama kami rindukan," ungkap Syamsuar saat dijumpai, Senin (8/01/2023).


Hampir senada dengan masyarakat setempat lainnya, Syamsuar menyampaikan, "seolah-olah selama ini negeri kami seperti dianaktirikan, berpuluh tahun kami berjalan diatas tanah kuning bergelombang dan penuh debu disaat panas, dan bak kubangan kerbau disaat musim hujan," ucapnya.


"Dan Alhamdulillah, semua hal tersebut telah berlalu," ungkap Syamsuar dengan raut wajah penuh syukur yang tidak bisa Ia sembunyikan.


Syamsuar dan masyarakat lainnya berpesan.. "semoga tahun ini pembagunan infrastruktur jalan kembali dan terus berlanjut hingga menyentuh wilayah - wilayah Korong yang menghubungkan Kecamatan Tigo Lurah dengan Kecamatan Lembah Gumanti ini," harap mereka.


Terpisah, pihak perusahaan kontraktor pelaksana (PT. Arpex Primadhamor) yang mengerjakan pembangunan infrastruktur ruas jalan Kapujan - Rimbo Data Nagari Sungai Nanam menjelaskan bahwa telah dilakukan rekonstruksi pada ruas tersebut.


"Rekonstruksi ruas jalan Kapujan - Rimbo Data Nagari Sungai Nanam telah dilakukan," ucap Iksan, Senin (8/01).


Lebih lanjut Iksan memaparkan, "penanganan menggunakan perkerasan lentur (Hotmix)," tambahnya.


"Sebelum melakukan penghamparan Hotmix, ruas jalan tersebut telah dilakukan pematangan lahan dan pemadatan sesuai standar Kementerian PUPR"


"Selain ruas jalan, penanganan dan pembenahan saluran juga dilakukan. Dan total ruas jalan yang dibangun yakni sepanjang 9 KM, dan tahun ini (2024) merupakan tahap pemeliharaan, yang artinya.., jika sepanjang tahun ini ruas tersebut mengalami kerusakan.., maka itu adalah tanggung jawab kami dari pihak pelaksana," tegas Iksan.


Sebagaimana diketahui, terealisasinya pembangunan infrastruktur ruas jalan Kapujan - Rimbo Data ini merupakan usulan dan perjuangan anak nageri Kabupaten Solok, Athari Gauthi Ardi, yang saat ini duduk di Komisi V DPR-RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional. (dn/tm)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->