Jalan Pendukung Produktivitas Nelayan alami Keretakan, Kadis Perikanan Kab.Padang Pariaman : Segera Diperbaiki - Go Asianews

Breaking


Friday, January 19, 2024

Jalan Pendukung Produktivitas Nelayan alami Keretakan, Kadis Perikanan Kab.Padang Pariaman : Segera Diperbaiki



GoAsianews.com
Kab.Padang Pariaman (SUMBAR)
- Kepala Dinas Perikanan Kab.Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat memastikan, keretakan-keretakan pada ruas jalan beton pendukung produktivitas nelayan yang berlokasi di Kecamatan Ulakan Tapakis akan segera diperbaiki. Hal tersebut diungkapkannya pada GoAsianews.com Kamis (18/01/2024).


"Perbaikan akan dilakukan sesuai standar," terangnya.


Lebih lanjut Kepala Dinas Perikanan Kab.Padang Pariaman, Khairul Nizam menambahkan, "perbaikan dengan cara melakukan pembobokan pada daerah retakan, kemudian di isi dengan material yang sejenis dengan beton telah dihampar," ulasnya.


Khairul Nizam juga menyampaikan, ruas jalan beton sebagai pendukung produktivitas nelayan yang berlokasi di Kecamatan Ulakan Tapakis ini masih dalam tahap pemeliharaan, yakni selama 6 (Enam) bulan pasca PHO.


Terkait kuantitas ruas jalan tersebut, Khairul Nizam menjelaskan bahwa betonisasi telah dilakukan sepanjang 561,3 Meter dengan ketebalan rata-rata 12 Cm, dengan menggunakan kualitas perkerasan readymix K - 225.


Khairul Nizam juga menguraikan, bahwa pemicu keretakan jalan rabat beton ini diantaranya adalah faktor  perubahan cuaca, panas dan hujan sehingga terjadi pemuaian beton. Sementara pengecoran yang dilakukan tidak memakai besi tulangan. Serta kondisi tanah dasar pada umunya pasir, kondisi ini sering terjadi pergerakan pada tanah dasar,"


"Dan hasil uji beton dari sample yang dilakukan sudah sesuai, dan kontraktor sudah melengkapi dengan dokumen-dokumen yang diperlukan terkait uji sample tersebut," tambahnya.


Terpisah, terkait pernyataan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman ini, beberapa masyarakat setempat yang ditemui media ini menyambut dengan baik.


"Syukurlah kalau demikian," ucap Ajo yang hampir senada dengan masyarakat nelayan lainnya. Jumat (19/01)


"Hal ini harus secepatnya dilakukan, agar keretakan-keretakan tidak semakin besar/parah," harapnya.


Sebagaimana diketahui, kegiatan pembangunan infrastruktur tersebut terealisasi berkat dukungan Pemerintah Pusat melalui kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK Tahun 2023). Dengan nilai terkontrak Rp. 603.000.802,- yang dilaksanakan oleh CV. Zahayra Konstruksi selaku kontraktor pelaksana.

(deni/tm)


Berita Sebelumnya:

 - Baru di PHO, Betonisasi Jalan pada Program Dinas Perikanan Kab.Padang Pariaman Alami Banyak Keretakkan

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->