Rang Koto Sedunia Gelar Halal Bihalal - Go Asianews

Breaking


Saturday, May 20, 2023

Rang Koto Sedunia Gelar Halal Bihalal



GoAsianews.com
Kab.Padang Pariaman,(SUMBAR) -
DPD PAYUANG PANJI SUKO KOTO  SEDUNIA.( PPSKS ) Padang Pariaman  Menggelar acara silaturahmi MEMPERSATUKAN  SELURUH SUKU KOTO  SEDUNIA.  Dalam rangka  HALAL BIHALAL RANAH DAN RANTAU RANG KOTO SEDUNIA  Dengan tema  MENYATUKAN SUKU KOTO  BADUNSAK  RANAH JO RANTAU SEDUNIA.Bisati Sungai Sariak. Kamis.27 / 4/2023


Acara ini di hadiri  oleh  Ketua DPD,  DPC , Dr H. Fauzi Bahar..M.Si.Dt Nansati. Wakil wali kota pariaman...juga  ketua LKM Propinsi  Sumbar.... niniak mamak  nansati, niniak mamak  dan pangurus, kapolsek  Bisati Sungai Sariak.yang mewakili, Dishub.dan instansi yang terkat.



Ali Safar Rajo Luanso selaku dewan penasehat  DPP sumbar.mengatakan, dalam halal bihalal ini, suatu tradisi yang biasa di lakukan setelah sholat Aidul fitri.dengan ber maaf - maafkan , maka terjalinlah hubungan silatu rahmi.maka lahirlah  disini adanya rasa persaudaraan.bahwa lalaki di minang kabau itu tanggung jawabnya GANDA.di satu sisi dia adalah kepala rumah tsngga.di sisi lain, dia adalah MAMAK  pusaka minang kabau.yang wajib  mengawasi , mengayobmi, menjaga, memelihara harta (  pusako tibggi )inilah yang sudah mulai pudar di daerah minang kabau.sehingga sekarang di kumpulkanlah   seluruh suku koto, untuk membangkitkan kembaliyang ada tercakub di dalam piloso adatyang di pahami.ADAT BASANDI SARAK.SARAK BASANDI KITABULLAH.syarat mangato adat mamakai.ppsks ini , adalah membentuk manusia yang berkarakter.


Dengan istilahnya.IDUIK BARAKA MATI BARIMAN.artinya orang minang yang hidup basandi sarak itu.mempunyai kecerdasan yang intelektual.yang ber akal sehat.di samping  ber akal , ber iman, ber ilmu pengetahian.


Ketua PPSKS Sumbaar Syafrizal Arafah menyampaikan, bagwa ppsks ini mulai kukuhkan  pada tahun .7 mai 2p22. Pada sat ini ketu dan peengurus  sudah menelusuri saudara - saudar ke daerah - daerah  Sekabuparen Padang Pariaman.sudah mulai di data .di ke nagarian sudah ada  18 wali nagari yang ada di kabupaten Padang Pariaman bersuku koto.62 wali korongnya  bersuku koto.


Tujuanya untuk pendataan ini adalah .supaya dengan mudah .berapa banya suku koto yang  ada di kabupaten Padang Pariaman.bagi  yang kurang mampu , nanti akan  di telusuri  berapa  jumlah suku koto tersebut.


Dengan harpan kedepanya nanti.setelah di telusuri warga  suku koto yang ada di sekabupaten.akan mengadakan wirid  1 x sebulan dalam sebulan.kemudian akan di adakan  sekre  atau kantor   PPSKS Sumbar, di rwncanakan akan di adakan di daerah di tengah - tengah di Sungai Sariak.jelasnya akan di cari tempat yang pas..mudah di jangkau. Dekat dengan jalan.raya.sehinggansetiap pertemuan..dunsanak  suku koto mudah  untuk mengadakan pertemuan sekali sebulan .khususnya.


Di sampaiman juga .jumlah pengurus DPD  berjumlah  98 orang..nati akan di bentuk per Nagari  dan cabang  - cabangnya.nanti setelah mengadakan halal bihalal ini.akan di bentu ke ketua  pengurusan  PPSKS .untuk kota pariaman.tidak akan di pisah, tetapi akan di satukan menjadi Padabg Pariaman.dengan nama.DPD PIAMAN LAWEH SA IYO tuturnya.  (Chinta) 

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->