Pelaksanaan Program P3-TGAI di P3A Bungus Barat segera Rampung - Go Asianews

Breaking


Saturday, September 24, 2022

Pelaksanaan Program P3-TGAI di P3A Bungus Barat segera Rampung



GoAsianews.com

Padang (SUMBAR) - Dibawah pembinaan dan pengawasan Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang (BWSS V Padang), kelompok masyarakat petani yang tergabung dalam P3A Bungus Barat merupakan salah satu kelompok tani yang tahun ini menerima manfaat program P3-TGAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air lrigasi) Kementrian PUPR.


Sebagaimana diketahui, P3-TGAI merupakan kegiatan Swakelola yang dilaksanakan langsung oleh masyarakat. P3-TGAI diberikan kepada kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A/GP3A/IP3A) yang memenuhi syarat sesuai Peraturan Menteri PUPR Nomor 4 tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaran Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi.


Dari pantauan GoAsianews.com dilapangan, Sabtu (24/09/2022), berlokasi di Kelurahan Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang,  masyarakat kelompok tani yang tergabung dalam P3A Bungus Barat ini  tengah melakukan kegiatan perkerjaan pembangunan.


Pengerjaan saluran irigasi Taratak Paneh yang mengairi areal persawahan mereka tersebut terlihat hampir rampung.


"Fungsinya untuk menjaga kecukupan pasokan air pada lahan persawahan/pertanian", ungkap salah seorang petani yang ditemui media ini.


"Dan secara merata lahan persawahan yang luas ini dapat diairi,"


"Ketersediaan sumber air didaerah Bungus ini cukup banyak, namun kami tentu memerlukan dukungan pihak pemerintah dalam membangun sarana infrastrukturnya (irigasi), karena dengan sistem mengairi persawahan dengan pola tradisional /lama tentu akan berpengaruh juga pada hasil pertanian, selain lahan persawahan.., kami juga memiliki ternak yang sangat membutuhkan kecukupan air," ucapnya.


Secara terpisah, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang, Dian Kamila, melalui Kasatker OP-SDA Aditya Sidik Waskito menjelaskan dalam pelaksanaan kegiatan ini Tim Pelaksana Balai (TPB) memiliki peran dalam penjaringan usulan, dan dalam tahapan pelaksanaan TPB juga terlibat dalam melakukan monitoring dan evaluasi," jelas Aditya (24/09).


Aditya Sidik Waskito juga menjelaskan bahwa "Pelaksanaan P3-TGAI dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok masyarakat petani yang tergabung dalam P3A/GP3A/IP3A, dan tidak diperbolehkan untuk dikontraktualkan/dipihak ketigakan.


"Hal ini ditetapkan agar selain menerima manfaat infrastruktur yang telah diperbaiki, masyarakat juga mendapatkan upah dari bekerja dalam perbaikan infrastruktur tersebut," terangnya.(deni)

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di www.goasianews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred:
-->